Ditemukan Harta Karun di Gua Israel [israeli]

Ditemukan Harta Karun di Gua Israel

PinkKorset.com – Koin perak dan perhiasan berusia lebih dari 2000 tahun ditemukan di sebuah gua stalaktit di utara Israel.

Tiga orang penjelajah gua dari Israeli Caving Club menemukan kantong kain yang berisikan segenggam harta, berupa dua koin perak, kalung, cincin dan anting-anting di celah kecil gua stalaktit di wilayah Galilea Israel. Ini adalah artefak pertama dari jenis ini untuk periode sejarah Israel kuno.

Kedua koin perak tersebut dibuat pada awal Periode Helenistik pada masa Alexander Agung, yang menaklukkan wilayah itu di akhir abad ke-4 SM. Satu sisi koin bergambar wajah Alexander Agung, sedangkan sisi lainnya bergambar Zeus yang duduk di singgasananya.

harta-karun-israel

Pihak Otoritas Barang Antik Israel mengatakan, barang-barang berharga ini mungkin disembunyikan di gua oleh penduduk setempat yang melarikan diri saat kerusuhan pemerintah pascakematian Alexander pada 323 SM. Saat itu terjadi Perang Diadochi, yakni perang antara para penerus Alexander di Israel.

“Mungkin harta ini disembunyikan dengan harapan diambil lagi bila situasi lebih baik. Namun, siapa pun yang menyimpan harta karun tersebut tidak pernah kembali untuk mengambilnya.”

Pemerintah Israel berharap dapat menemukan lebih banyak lagi penemuan serupa dengan menjelajahi gua ini lebih jauh lagi. “Ini pertama kalinya ahli arkeologi menemukan barang-barang tersebut dan sangat berharga,” ucap Wakil Direktur Pencegahan Pencurian Barang Antik Israel, Eitan Klein.

“Kami berharap semakin jauh kami menggali gua ini, kami semakin banyak menemukan benda-benda menarik dan penting,” imbuhnya.

Setelah penjelajah gua melaporkan penemuan mereka, otoritas barang antik mengunjungi gua tersebut. Beberapa tembikar ditemukan di gua, bahkan ada yang sudah menyatu dengan stalaktit, karena termakan waktu. Selain itum ditemukan pula batu permata, batu akik dan lampu minyak.

tembikar-israel

Arkeolog mengatakan beberapa artefak yang ditemukan di gua menunjukkan periode Chalcolithic (jaman tambaga) lebih dari 6.000 tahun yang lalu.

Beberapa barang perunggu menunjukkan periode 5.000 tahun yang lalu, sementara ada juga dari jaman Alkitab (Biblical Period) 3.000 tahun yang lalu dan periode Helenistik 2.300 tahun yang lalu.

Sebelumnya, pada Februari, Otoritas Barang Antik Israel mengumumkan bahwa penyelam telah menemukan 2.000 koin emas berusia lebih dari 1.000 tahun di dasar laut pelabuhan kuno Kaisarea, dekat Tel Aviv, Israel.

koin-emas-israel