Emoticon Jadi ‘Kata Tahun Ini’ [oxforddictionaries]

Emoticon Jadi ‘Kata Tahun Ini’

PinkKorset.com – Lembaga kamus bahasa Oxford menobatkan sebuah emoji sebagai Word of the Year tahun ini.

Ini adalah pertama kalinya Oxford memilih pictograph sebagai Word of The Year.

Dalam blog resminya, Oxford menjelaskan bahwa emoji ‘wajah dengan tangisan kebahagiaan’ terpilih sebagai ‘kata’ terbaik untuk mencerminkan etos, suasana hati, dan aktivitas pada 2015.

Riset terlampir menginformasikan bahwa meskipun telah ada sejak akhir 1990an, emoji mengalami peningkatan penggunaan terbesar sepanjang masa pada era digital tahun 2015.

Oxford University Press bekerjasama dengan bisnis teknologi mobile SwiftKey menemukan bahwa emoji ini mengalami peningkatan penggunaan 20% dari semua emoji yang digunakan di Inggris.

Sedangkan di AS terjadi pertumbuhan 17% dari semua emoji yang digunakan selama 2015. Angka ini menunjukkan adanya kenaikan sebesar masing-masing 4% dan 9% ketimbang 2014.

Berdasarkan data Oxford Dictionaries Corpus, emoji baru ditemukan di Inggris pada 1997, namun penggunaannya pada 2015 meningkat pesat, hingga tiga kali lipat ketimbang tahun sebelumnya.

emoji,-data

Emoji ini berhasil mengalahkan kata lainnya seperti ‘sharing economy’, ’Dark Web’ dan ’ad blocker’.

Mengingat semakin populernya dan pentingnya emoji dalam komunikasi sehari-hari, penobatan emoji merupakan terobosan terbaru dari Oxford.