Hati-hati Christmas Tree Syndrome Saat Natal [lastinfoo]

Hati-hati Christmas Tree Syndrome Saat Natal

PinkKorset.com, Jakarta – Gejala Christmas tree syndrome meliputi batuk, asma dan insomnia. Pemicunya spora jamur yang tumbuh alami pada pohon pinus.

Christmas tree syndrome atau sindrom pohon natal kerap terjadi saat natal. Mereka yang terkena sindrom ini mengalami asma, batuk, lesu dan insomnia.

Para ilmuwan Upstate Medical University bagian dari State University of New York menemukan, orang-orang mulai terkena gangguan pernapasan pada dua minggu sebelum 25 Desember.

Tim ilmuwan menganalisa kliping dari 28 pohon Natal (pinus) termasuk buah dan kulitnya dari berbagai spesies. Hasilnya ditemukan 53 kasus jamur (mold).

Sebanyak 70% dari jamur ini menyebabkan hidung gatal, mata berair, batuk, sesak napas, nyeri dada, sinus mampet, lelah dan gangguan tidur.

Jamur-jamur tersebut tumbuh alami pada pohon Natal yang disimpan dalam ruangan hangat.

Tim peneliti sekaligus penulis Annals of Allergy, Asthma and Immunology melaporkan, pohon Natal yang dipajang 2 minggu menghasilkan peningkatan spora jamur di udara dari 800 per 35 kaki kubik menjadi 5.000.

Dikutip dari telegraph.co.uk, pemimpin penelitian, Dr. Lawrence Kurlandsky menyarankan, sebaiknya mengganti pohon asli dengan buatan.

Bila ingin memajang pohon asli, sebaiknya pohon dijemur sampai kering. Kemudian pohon boleh dipajang di dalam rumah.

Meski diganti pohon buatan, Anda perlu membersihkannya dari debu sebelum memajang.