Ingin Kaya? Ini Rahasianya [americanprogress]

Ingin Kaya? Ini Rahasianya

PinkKorset.com – Siapa yang tak ingin memiliki harta berkecukupan atau bahkan lebih? Ternyata, menjadi kaya ada rahasianya.

Berdasarkan sebuah riset, rahasia kaya raya adalah pendidikan. Semakin tinggi pendidikan Anda, maka semakin besar kesempatan untuk mengeruk pundi-pundi kekayaan.

Studi dilakukan William Emmons, penasihat ekonomi senior, dan Bryan Noeth, analis politik. Keduanya bekerja di Center for Household Financial Stability milik Bank Sentral AS, The Federal Reserve.

“Kekayaan dan pemasukan seseorang berhubungan erat dengan pendidikan yang ditempuh,” demikian studi yang meneliti para penduduk Amerika dengan gelar sarjana tersebut.

Keluarga yang tak lulus sekolah menengah atas dan memiliki uang US$1 juta pada 2013 adalah satu banding 110. Sementara yang lulus sekolah, satu banding 20. Sedangkan sarjana, satu banding 4,6 dan master satu banding 2,6.

Median keluarga tak lulus SMU pemasukannya 81% lebih rendah dan kekayaannya 95% lebih rendah, pada 2013, ketimbang keluarga lulus SMU hingga master.

Median pemasukan untuk keluarga tak lulus SMU pada 2013 adalah US$22.320, turun 1% ketimbang angka 1989. Bergelar sarjana atau diploma, median pemasukannya adalah US$76.293, turun 5% dari 1989.

Adapun keluarga bergelar master, median pemasukannya adalah US$116.262 atau naik 4%. Semua angka dalam dolar Amerika ini sudah disesuaikan dengan inflasi.

Antara 1989-2013, akumulasi kekayaan naik 45% untuk keluarga dengan gelar master, ke US$689.100. Angka ini naik 3% untuk mereka yang bergelar sarjana, turun 36% untuk lulusan SMU, dan turun 44% untuk yang tak lulus SMU.

Memang, banyak faktor lain berperan dalam hubungan kekayaan dan pendidikan. Termasuk diantaranya kekayaan keluarga serta warisan. Juga, tak ada jaminan pasti bahwa pendidikan tinggi berarti bakal kaya raya.

“Tapi, pendidikan dan kekayaan memiliki korelasi yang tinggi. Kemungkinan besar, hubungan itu makin kuat di masa-masa mendatang,” studi ini menyebutkan.