Lakukan Tiga Hal Ini Jika Tidak Mau Pikun [sodahead]

Lakukan Tiga Hal Ini Jika Tidak Mau Pikun

PinkKorset.com – Cepat lupa kerap dialami seseorang seiring bertambahnya usia. Namun, ada cara untuk menghindari hal ini.

Dan Blazer, profesor psikiater dari Duke University Medical Center mengatakan, otak manusia pasti akan menua dan kinerja otak akan terus menurun, tapi ada beberapa cara agar mengurangi penurunan fungsi otak secara cepat.

Laporan dari Institut Pengobatan yang dirilis Selasa (14/4) membuktikan aktivitas yang padat dalam sehari, seperti, berpikir cepat, pengambilan keputusan yang cepat, dan menyelesaikan masalah dengan cepat dapat mengurangi risiko pikun.

Anda juga harus aktif bersosialisasi dengan teman atau tetangga, memiliki waktu tidur yang cukup dan selalu melatih kinerja otak dengan membaca atau berlatih dengan permainan komputer.

Tidak ditemukan dari hasil penelitian jika Anda menggunakan obat penenang atau obat tidur.

Jika Anda mau tetap sehat secara mental, Anda hanya perlu memastikan melakukan tiga hal, yakni  ini yaitu sering berolahraga, mengontrol risiko penyakit kardiovaskular, dan bicara dengan dokter agar menggunakan obat yang tidak mempengaruhi kinerja otak.

Berikut tiga hal yang bisa dilakukan agar tidak pikun :

Berolahraga

Aktivitas fisik di umur menengah yaitu di atas 40 tahun dan manula, di atas 60 tahun menunjukkan dapat meningkatan hasil tes kinerja otak. Akan tetapi dari hasil studi tidak diungkapkan olahraga apa yang tepat, kapam waktu yang tepat berolahraga, dan berapa durasi olahraga ideal.

Tingkatkan kinerja pembuluh darah

Orang-orang dengan jantung yang sehat dan pembuluh darah yang berfungsi normal akan memiliki kinerja otak yang sehat dan rendahnya risiko terkena stroke. Jadi, kontrol tekanan darah, tingkat kolesterol, dan tidak merokok.

Perhatikan kandungan obat yang dapat mempengaruhi kinerja otak

Kandungan obat bagi penderita diabetes kerap mempengaruhi kinerja otak menjadi melambat. Banyak orang memiliki kinerja otak yang melambat pascaoperasi atau rawat inap di rumah sakit. Selalu bicara dengan dokter Anda mana obat yang tidak menurunkan kinerja otak.