Mengapa Ginseng Korea Lebih Baik? [youtube]

Mengapa Ginseng Korea Lebih Baik?

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak negara menanam ginseng. Namun, hanya akar herbal asal Korea yang dinilai baik sebagai obat.

Ginseng sering disebut sebagai “ramuan ajaib” karena memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang begitu banyak.

Hal ini karena ginseng Korea mengandung berbagai zat aktif, antara lain ginsenoside, polysaccharide (anti inflamasi, anti kanker), panaxydol, panaxynol, panaxytriol (anti kanker), phenol (antioksidan), alkaloid (efek pengurang nyeri), glucuronic acid (detoksifikasi).

Akar dari tanaman ini dipercaya bisa mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Selain berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan menaikkan tekanan darah yang rendah, ginseng juga meningkatkan stamina dan tenaga, hal yang sangat penting bagi pasien dengan AIDS.

Pengajar Manajemen Rumah Sakit, Universitas Indonesia, Dr. Jusuf Kristianto, MM, MHA, MPH, PhD juga menekankan manfaat ginseng bagi perempuan.

“Untuk perempuan, ginseng dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit. Baik dikonsumsi perempuan menopause untuk mengurangi stress,” katanya dalam Seminar Ginseng Korea di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

 

Ginseng Korea untuk obat

Saat ini, ginseng tak hanya ditanam di Korea. Beberapa negara juga menanam akar herbal ini, seperti Amerika, Tiongkok, Jepang dan Vietnam.

Namun hanya ginseng Korea (Panax ginseng C. A, Meyer) yang diterima Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai obat.

ginseng-korea

Presiden Korean Society of Ginseng, Prof. Dr. Dong-Kwon Rhee mengatakan, ini karena ginseng Korea memiliki ginsenoside lebih tinggi. “Kadar ginsenoside Ginseng Korea 38, Tiongkok 15, Amerika 14 dan Jepang 8,” katanya

Zat aktif utama ginseng, ginsenoside memiliki struktur kimia seperti hormon manusia dan memiliki kemampuan seperti steroid. Ginsenoside mampu mengendalikan aktivitas hormon, menstabilkan kerja saraf, meningkatkan memori, memengaruhi tekanan darah dan produksi insulin serta meningkatkan metabolisme.

Sementara itu, konsumsi ginseng Korea tidak berefek panas dalam ketimbang ginseng lainnya. “Ginseng Korea tidak meningkatkan temperatur tubuh tetapi merangsang dan melancarkan sirkulasi darah,” katanya.

Tidak mengherankan bila orang Korea menyantap hidangan sup ayam ginseng (Samgyetang) justru di musim panas.

Samgyetang,-korean-soup

Ginseng dapat dikonsumsi dalam bentuk utuh, ekstrak dalam pil, kapsul maupun teh. Dosis aman ginseng ekstrak 100-200 mg per kapsul untuk konsumsi tiga kali seminggu.