Menjaga Otak Tetap Sehat    [mensxp]

Menjaga Otak Tetap Sehat  

PinkKorset.com – Sering melupakan hal-hal kecil? Jangan khawatir, ada bberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kinerja otak.

Kemampuan otak bisa menurun seiring bertambahnya usia. Namun Anda yang masih tergolong usia produktif, kadang merasa tak wajar jika sering melupakan sesuatu.

Masalah besarnya bukan karena penurunan daya ingat. Namun Anda yang tidak memperhatikan hal-hal yang sedang dilakukan.

[tanyagendle]

[tanyagendle]

Agar otak tidak tumpul, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Latihan Penglihatan Periferal (Peripheral Vision)

Peripheral vision alias penglihatan tepi adalah ketika seseorang melihat di sekeliling benda utama atau selain penglihatan fokus. Melatih penglihatan ini akan meningkatkan kinerja otak dan membuat Anda mengendarai kendaraan lebih aman.

Menghafalkan Lagu

Mendengarkan lagu secara baik dan hati-hati akan membantu kemampuan Anda untuk memahami, berpikir dan mengingat. Menikmati lagu membutuhkan fokus dan mengaktifkan memori. Ketika fokus, tubuh akan melepaskan zat kimia otak dan menghidupkan memori.

Belajar Memainkan Instrumen Baru

Memainkan instrumen atau alat musik membandu Anda melatih berbagai macam dimensi fungsi otak. Termasuk mendengarkan, mengendalikan gerakan tubuh, dan menerjemahkan not-not yang tertulis (penglihatan) dengan musik yang sedang dimainkan (gerakan dan suara).

Jangan Hanya Teka-Teki Silang dan Sudoku

Pemain teka-teki silang yang senior, menurut penelitian, juga menunjukkan penurunan kognitif yang sama dengan mereka yang hanya sesekali bermain.

Kecilkan Volume Televisi

Ingatlah, Anda tak bisa menyingkirkan suara statis gelombang radio dengan mengeraskan volumenya. Banyak orang mengeraskan suara karena apa yang mereka dengarkan menjadi tak karuan (detuned), sedikit kabur. Setel volume televisi pada volume suara Anda ketika berbicara sehingga bisa menangkap kata-katanya dengan lebih mudah.

Lempar dan Tangkap Bola

Berlatihlah melempar dan menangkap bola. Orang yang mengasai aktivitas yang melibatkan gerakan sensorik bisa mengasah visual otak serta respons terkoordinasi antara tangan dan mata. Banyak dampak positif yang diperoleh dari kegiatan ini, seperti menebalnya korteks otak Anda sebagaimana terlihat dalam studi-studi dengan MRI.

Jangan Biarkan Tangan Lainnya Menganggur

Jika Anda menggunakan tangan kanan, coba gunakan tangan kiri untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti menyikat gigi. Aktivitas ini memberi perubahan yang positif pada otak. Bayangkan jutaan syaraf Anda sedang belajar trik baru dan pada akhirnya bisa melakukan aktivitas sama baiknya seperti tangan yang aktif.

 Jalan di Permukaan Bergelombang

Permukaan tak rata seperti batu, bisa memperbaiki sisten vestibular di telinga bagian dalam. Hal ini berperan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh yang baik bisa menghindarkan Anda dari cedera yang serius. 

Menyusun Puzzle

Puzzle bukan hanya mainan anak untuk membantu tumbuh kembangnya. Anda juga bisa bermain puzzle untuk menjaga kemampuan otak. Memutar-mutar kepingan puzzle di dalam kepala atau memikirkan cara menyelesaikannya, bisa membantu kesehatan otak.

Kembali Jadi Anak-Anak

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mulailah memperhatikan dunia di sekeliling Anda, hal-hal sekecil apapun. Buat usaha yang aktif untuk mengingat detil-detil, bahkan pada hal-hal yang sudah Anda kenali sekalipun. Teruslah belajar, tumbuhkan rasa ingin tahu. When you stop learning, your brain stops growing.