Mudah Lupa? Jangan Khawatir! [niusnews]

Mudah Lupa? Jangan Khawatir!

PinkKorset.com –  Apakah Anda saat ini merasa mudah lupa?

Berkas kantor yang penting tiba-tiba raib. Padahal, baru lima menit yang lalu Anda pegang. Merasa lapar namun Anda tidak bisa mengingat telepon layanan antar restoran cepat saji.

Tidak hanya itu, Anda pun kerap mengobok-obok tas hanya untuk mencari karcis parkir, handphone, hingga dompet.

Untuk mencegah berkurangnya daya ingat, ada baiknya Anda rutin melakukan kegiatan fisik dan mengolahragakan daya ingat.

Selain itu beberapa hal berikut dapat membantu mencegah berkurangnya daya ingat di masa depan. Apa saja?

Mengkonsumsi makanan sehat

Biasakan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran yang mengandung banyak antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi serta menutrisi sel-sel otak, serta membantu mencegah kolesterol merusak arteri dan memperlambat aliran darah ke otak.

Makanan yang kaya antioksidan termasuk buah dan sayuran berwarna, seperti jeruk, brokoli, bayam, wortel, kentang dan tomat.

Menghindari minuman beralkohol

Konsumsi alkohol terlalu banyak selama bertahun-tahun akan menyebabkan kerusakan otak karena kurangnya nutrisi. Selain memicu tingginya risiko terhadap masalah ingatan dan demensia.

Adapun demensia adalah penurunan kemampuan mental yang biasanya berkembang secara perlahan, diman aterjadi gangguan ingatan, pikiran, penilaian dan kemampuan untuk memusatkan perhatian, dan bisa jadi terjadi kemunduran kepribadian.

Mengelola stres

Ketika Anda mengalami stres yang berkepanjangan, maka otak akan mengeluarkan hormon yang dapat merusak sel-sel otak. Stres juga memicu masalah depresi serta kecemasan, perasaan yang dapat menganggu cara otak memproses ingatan.

Sangat disarankan Anda beristirahat saat mengalami stres. Kendalikan tingkat stres ke level minimum. Luangkan waktu untuk diri sendiri, tarik nafas dan rileks. Lalu cara pemecahan masalah stres, sepertmi mempermudah cara hidup, melakukan olahraga atau mengurangi beberapa aktivitas.

Berhenti merokok

Berkurangnya daya ingat juga disebabkan karena kebiasaan merokok. Hal ini karena perokok memiliki risiko dua kali lebih besar terkena Alzeimer ketimbang bukan perokok. Keputusan berhenti merokok dapat meminimalisir masalah daya ingat Anda.

Melindungi kepala saat beraktivitas

Penting Anda ketahui, bahwa luka pada kepala dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzeimer. Mereka yang berenang atau olahraga lari, misalnya, memiliki risiko rendah mengalami luka kepala ketimbang petinju. Sehingga, kemungkinan mengalami penurunan daya ingat juga lebih kecil.  Disarankan untuk tetap melindungi kepala Anda dalam beraktivitas. Contohnya, pakailah helm saat naik motor atau sepeda.

Konsultasi ke dokter

Saat ini Anda merasa sudah mengalami penurunan daya ingat? Cobalah konsultasikan ke dokter. Mereka akan mencari cara untuk mencegah berkurangnya kemampuan mengingat saat makin tua.

Lakukan juga tes kesehatan untuk mengetahui tekanan darah, kadar kolesterol dan kadar gula darah untuk memastikan bahwa kelenjar tiroid berfungsi normal. Ini merupakan cara termudah untuk mengetahui apa yang terjadi dalam tubuh Anda.