Perawatan Rambut, Awali dengan Keramas [hairsolutionsoftampa

Perawatan Rambut, Awali dengan Keramas

PinkKorset.com, Jakarta – Ritual perawatan rambut ternyata dimulai dari langkah yang paling sederhana, yaitu mencuci rambut.

Alfons, pakar perawatan dan penata rambut profesional mengatakan, merawat rambut amatlah penting, pasalnya rambut akan sulit diperbaiki apabila satu kali saja sudah mengalami kerusakan.

“Rambut itu seperti kuku, setelah tumbuh tidak bisa memulihkan diri sendiri. Maka dari itu, harus diberikan sesuatu untuk langkah pencegahan dari proses kerusakan,” ujarnya pada acara New Pantene di Jakarta, Senin (31/8/2015).

Keramas

Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat rambut adalah keramas secara teratur. Saat keramas,  utamakan membersihkan kulit kepala karena secara otomatis ujung rambut akan ikut terbasuh. “Jangan oleskan sampo dalam keadaan kering. Fokus di kulit kepala,” katanya.

Sasaran ke helaian rambut itu adalah langkah berikutnya. ”Cuci rambut sebanyak satu atau dua kali. Kemudian, dibilas dan setelah itu diperas sedikit supaya rambut tidak terlalu basah,” ujarnya.

Kondisioner

Menurut Alfons, produk sampo dan kondisioner saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan dalam hal ritual perawatan rambut. Sebaiknya, produk kondisioner tidak hanya membersihkan rambut, namun juga merawat rambut secara menyeluruh dan optimal.

“Intinya kondisioner harus masuk hingga ke permukaan rambut. Kondisioner adalah salah satu produk yang dibutuhkan dalam mencuci rambut. Formula kondisioner akan lebih baik jika tidak hanya merawat tiap helai rambut, namun juga memiliki aksi ganda,” tutur Alfons.

Sekitar 30 atau 40 tahun lalu, perempuan tidak banyak yang mengenal kondisioner. Namun, dulu masalah kerusakan rambut tidak banyak dan polusi yang tersebar, serta penggunaan alat-alat penataan rambut belum banyak dan sering seperti saat ini.

Untuk mendapat hasil optimal, oleskan kondisioner setelah membilas rambut dan memerasnya. Pakai kondisioner di ujung rambut, bukan pangkal rambut dan biarkan selama 30 detik.

Keringkan rambut

Saat mengeringkan rambut, jangan menggosok-gosok rambut dengan handuk karena rambut dalam keadaan basah lebih rapuh. Bila rambut rusak, tambahkan leave-on conditioner, kondisioner tanpa bilas usai keramas.

Menyisir rambut

Saat menyisir rambut setelah keramas sebaiknya jangan langsung dari pangkal rambut ke ujung rambut. Mulailah dari tengah rambut lalu sisir ke bagian ujung setelah itu secara bertahap sisir dari bagian yang lebih tinggi dari sebelumnya menuju ke bawah.