Perempuan Asia di Mata Oscar Lawalata [Juve]

Perempuan Asia di Mata Oscar Lawalata

PinkKorset.com, Jakarta – Mengambil tema My Name is Asia, desainer kondang Oscar Lawalata menampilkan citarasa Asia di panggung Jakarta Fashion and Food Festival 2015 di Jakarta (25/6).

Opening music ala Opera Tiongkok membawa atmosfer Asia dalam arena pagelaran busana. Para model pun keluar dengan busana warna cerah seperti oranye, kuning, merah, biru dan hijau.

Memang kali ini Oscar tampil berbeda. “Saya melihat ada semacam benang merah dari berbagai budaya di Asia,” kata Oscar dalam press conference sebelum show dimulai.

Menurutnya, semua pakaian baik yang dikenakan di Tiongkok, Vietnam atapun Indonesia, tidak memiliki kerah tinggi ala pakaian era Victoria dari Inggris. Ini semua dinilainya saling terkait. “Jadi kalau Anda melihat pakaian tadi, Tiongkok bukan, Indonesia pun bukan,” kata Oscar.

Tarik menarik antar budaya itu membuatnya memilih batik pesisiran sebagai inspirasi koleksi kali ini.  Jejak-jejak budaya oriental yang sangat kental muncul di wilayah pesisir Indonesia, terlihat jelas dalam beragam batik yang muncul. Entah itu berupa motif burung Hong, hingga bunga ataupun penggunaan warna yang berani.

Oscar mengolah semua unsur budaya Asia tersebut dengan apik, terutama mengenai interaksi budaya Tiongkok dan Indonesia.

Dengan siluet desain yang light, busana-busana berbahan satin dan sutra itu menampilkan citarasa modern yang elegan namun sederhana.