Pup Pun Kini Bisa Didonorkan [WP]

Pup Pun Kini Bisa Didonorkan

PinkKorset.com – Selain mendonorkan darah, plasma, sel telur dan sperma, Anda ternyata juga bisa menyumbangkan pup.

Berkat organisasi nirlaba yang disebut OpenBiome, kini pup Anda bisa didonorkan. Dengan amal rutin selama setahun, Anda pun bisa mendapat uang tunai US$13.000 atau sekitar Rp 140 juta.

Openbiome sejak 2013 telah memproses dan mengirim pup ke seluruh negara. Pup yang telah dibekukan tersebut diberikan kepada pasien yang terserang infeksi parah dari bakteri yang disebut C. difficile.

Bakteri ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan ekstrim dan memaksa sejumlah penderitanya dirawat cukup lama. Antibiotik memang membantu pengobatan, tapi kadang-kadang bakteri muncul lagi, segeral setelah pengobatan terhenti. Tentu saja mengkonsumsi obat antibiotik terus menerus juga tidak baik bagi kesehatan.

Dengan memperkenalkan pup yang sehat dalam usus pasien (dengan cara endoskopi, selang hidung (nasal tube) atau menelan kapsul) dokter dapat menyembuhkan bakteri C. difficile untuk selamanya.

Save your stools, save the world. (OpenBiome)

Menemukan donor pup bukanlah pekerjaan mudah dan beberapa pasien kerap putus asa sehingga mereka menggunakan pup dari teman dan keluarga sendiri.

Kasus yang terjadi pada teman pendiri OpenBiome ini, menginspirasi didirikannya bank nasional pertama. Sejauh ini mereka telah mengirim sekitar 2.000 perawatan untuk 185 rumah sakit di seluruh negara.

Tentu. Pup yang sehat mendapat harga yang bagus pula. Untuk contoh pup, Anda akan diberi US$40 atau sekitar Rp 480 ribu, dengan bonus US$50 jika Anda mendonasikan secara rutin lima hari dalam sepekan. Ini berarti, Anda akan mendapat US$250, sekitar Rp3 juta untuk donor sepekan atau US$13.000, setara Rp130 juta per tahun.

Tertarik?