Sonido X1+, Jika Pakar Audio Luncurkan Ponsel [PinkKorset/Hawkeye]

Sonido X1+, Jika Pakar Audio Luncurkan Ponsel

PinkKorset.com, Jakarta – Apa jadinya jika perusahaan yang dikenal sebagai pakar audio meluncurkan ponsel? Blaupunkt Sonido X1+ jawabnya.

Blaupunkt Sonido X1+ secara resmi telah diluncurkan di Indonesia sekaligus yang pertama di dunia, pada pertengahan pekan lalu. Handset ini digadang-gadang menjadi  smartphone kategori soundphone pertama di dunia.

“Smartphone ini adalah entry pertama. Ini Blaupunkt soundphone pertama di dunia, kami ciptakan kategori ini karena keunikan karakter device ini,” ungkap Julio Sanjaya, GM Marketing Blaupunkt Indonesia saat konferensi pers Peluncuran Blaupunkt Sonido X1+ di Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Menurutnya keunikan perangkat ini terletak pada kualitas audio yang dihasilkan. “Audio yang kuat dan keras dengan audio yang indah itu berbeda,” kata Julio. Ia menjelaskan karakteristik audio Sonido X1+ melalui penggambaran nada rendah dan tinggi.

“Ada nada tinggi (tweeter) dan nada rendah (bass) yang tidak pernah kita dengar. Blaupunkt bertugas mengupulkan suara-suara yang hilang itu sehingga bisa didengar oleh telinga,” ucap Julio menambahkan.

Untuk mengoptimalkan kualitas audio yang dihasilkan, smatphone ini disertai headset Blaupunkt BPA 102 dalam paket penjualan. Headphone ini memiliki spesifikasi SPL 108dB dan frekuensi 20Hz-20KHz serta dilengkapi mikrofon. “Begitu kedua device dikombinasikan, disinilah terjadi the magic,” ujar Julio.

Blaupunkt Indonesia juga berencana menjual terpisah headphone ini. “Harganya belum bisa di-share sekarang, tapi berkisar US$100,” ucap Julio menambahkan.

Meski begitu, smartphone ini masih kompatibel dengan headset lain dan headset Blaupunkt dapat digunakan pada smartphone merek lain. Hanya saja kualitas suara yang dihasilkan tidak akan optimal.

Walaupun ditahbiskan sebagai soundphone, Sonido X1+ tidak memiliki fitur khusus pada loudspeaker. Suara yang dihasilkan loudspeaker ini seperti pada smartphone umumnya, terdengar pecah pada volume tinggi.

Sedangkan dari sisi desain, Sonido X1+ termasuk kedalam tipe phablet karena memiliki layar berukuran 5,5 inci (full HD). Smartphone ini juga terlihat cukup tipis dengan ketebalan 7,8 mm.

Material body smartphone ini menggunakan plastik, sehingga ringan digunakan. Hanya saja menurunkan kesan premium sebagai smartphone bermerek asal Jerman yang selama ini dikenal sebagai ‘sarangnya’ insinyur-insinyur handal.

Sonido X1+ memiliki dua slot SIM card dengan jaringan 3G, kamera belakang 13 MP & depan 8MP, serta dijalankan menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat.

Dapur pacu Sonido X1+ terbenam prosesor MT6592 1,7 GHz Octa Core ARM Cortex-A7, RAM 2GB, GPU Mali 450MP, memori internal eMMC Flash 16 GB, slot memori eksternal MicroSD yang mampu menampung 16GB dan ditenagai baterai Li-ion 3.000 mAh.

Sebagai informasi, Blaupunkt merupakan merek perangkat audio mobil premium asal Jerman. Namun begitu, Smartphone perdana Blaupunkt ini diproduksi di Taiwan.

Smartphone ini secara resmi telah tersedia di pasar Indonesia sejak 1 April 2015. Tetapi telah dijual secara pre-order seharga Rp 4.798.000 melalui situs Lazada Indonesia sejak 27 Maret 2015 lalu.