Transplantasi Pertama Organ Lelaki Sukses Dilakukan [spectrumieeeorg]

Transplantasi Pertama Organ Lelaki Sukses Dilakukan

PinkKorset.com – Transplantasi organ lelaki yang pertama di dunia sukses dilaksanakan oleh tim kedokteran di Afrika Selatan (Afsel), seperti dilaporkan Bloomberg News, akhir pekan lalu.

Pasien laki-laki berusia 21 tahun tersebut telah pulih kesehatannya pascaoperasi dan seluruh organ tubuhnya berfungsi dengan normal.

Operasi yang berlangsung selama sembilan jam tersebut dilakukan pada 11 Desember 2014 oleh tim kedokteran Stellenbosch University dan Rumah Sakit Tygerberg, di Cape Town, Afsel.

Pasien yang identitasnya dirahasiakan ini terpaksa diamputasi kemaluannya tiga tahun lalu karena komplikasi setelah menjalani khitan.

Menurut laporan Bloomberg, tiap tahunnya tercatat 250 kemaluan lelaki diamputasi di Afsel karena komplikasi khitan.

“Tujuan utama kami adalah si pasien dapat beraktivitas normal dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Kami terkejut dengan pemulihan pasca operasinya,” ujar Dr. Andre van der Merwe, ketua tim operasi dari Unversitas Stellenbosch yang memimpin timnya.

Universitas Stellenbosch menyebutkan, operasi ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan dan untuk pertama kalinya operasi ini sukses dengan hasil sesuai dengan target.

“Ada kebutuhan besar di Afsel untuk prosedur operasi seperti ini dibandingkan negara lain di dunia ini dimana banyak pria harus diamputasi alat vitalnya karena kegagalan khitan tradisional,” ujar Van der Merwe.