Wow, Ada Biksu Dalam Patung Budha Berusia 1.000 Tahun [nbc]

Wow, Ada Biksu Dalam Patung Budha Berusia 1.000 Tahun

Pinkkorset.com –  Penemuan mengejutkan baru-baru ini mengungkapkan, adanya mumi biksu yang berusia 1000 tahun dalam sebuah patung Budha kuno dari Tiongkok.

Peneliti dari Museum Drents di Amsterdam, Belanda mengatakan, dalam posisi bersila, mumi tersebut sangat pas dengan patung yang membungkusnya. “Dari luar, mumi tampak seperti patung Budha yang lebih besar. CT scan mengungkap, ada mumi biksu dari sekitar 1.100 tahun lalu,” katanya.

Hasil CT scans juga menunjukkan, mumi ini berkelamin laki-laki, dengan usia antara 30 – 50 tahun. Ia dibuat menjadi mumi di dalam kuil selama 200 tahun, sebelum mumi akhirnya dibalut dengan kertas kemudian menjadi patung.

Setelah dilakukan CT scan lanjutan dan endoskopi, ada temuan lain yang tidak kalah mengejutkan. Organ dalam biksu itu telah dihilangkan. Rongga yang semula berisi organ dalam, telah diisi ulang dengan naskah yang ditutupi dengan aksara Tionghoa.

Wilfried Rosendahl, kepala Proyek Mumi Jerman dari Reiss-Engelhorn-Museen, di Mannheim, Jerman memastikan mumi ini terjadi antara tahun 900 sampai 1.000. Ia pun mengatakan, patung ini merupakan benda yang sangat langka. “Para peneliti di Eropa tidak pernah menemukan mumi seperti ini,” ujarnya dikutip kantor berita NBC.

Mumifikasi dirinya sendiri

Menurut Discovery, biksu yang diyakini Biksu Liu Quan dari Chinese Meditation School itu dipercaya memumifikasi dirinya sendiri. Caranya, biksu harus berdiet untuk menghilangkan lemak, Ia hanya boleh makan kacang-kacangan dan biji-bijian selama 1.000 hari, kemudian makan akar-akaran selama 1.000 hari selanjutnya.

Pada tahap akhir, sang biksu akan meminum teh racun yang berbahan getah pohon pernis. Teh tersebut akan menyebabkan muntah terus-menerus dan kehilangan cairan, sekaligus mencegah tubuh dimakan bakteri.

Setelah menjadi tengkorak hidup, sang biksu akan diletakkan dalam kubur batu yang berukuran sedikit lebih besar dari tubuhnya. Kubur batu itu dilengkapi dengan saluran udara dan bel.

Setiap hari, biksu akan membunyikan bel, tanda dirinya masih hidup. Saat bel berhenti berbunyi, saat itulah sang biksu dinyatakan mati. Setelahnya, tabung saluran udara akan dicabut, dan rongga dalam kubur batu itu ditutup.

Setelah 1.000 hari dinyatakan mati, kubur akan dibuka. Saat itu, akan terlihat apakah tubuh sang biksu, sudah termumifikasi sempurna. Dari ratusan biksu yang melakukan mumifikasi, hanya beberapa yang berhasil. Biksu yang melakukan mumifikasi diri biasanya memiliki tujuan menjadi “Buddha abadi”.

Saat ini, Patung Budha yang berisi Liu Quan kini dipamerkan di National Museum of Natural History di Budapest,  yang digelar hingga Mei.

Belum Ada Berita Terkait