Wow, iPhone Bisa Dipakai Cek Kesehatan? [ironpaper]

Wow, iPhone Bisa Dipakai Cek Kesehatan?

PinkKorset.com – Tak lama lagi, iPhone Anda bisa digunakan untuk menguji penyakit seperti HIV dan sipilis. Oh, ya?

Periset di Columbia University menciptakan sebuah alat portabel yang bisa disambungkan ke iPhone untuk memindai dan mengetahui apakah Anda mengidap HIV atau sipilis. Semua bisa diketahui hanya dalam 15 menit.

“Ini perubahan yang sangat fundamental dalam sistem kesehatan,” kata Samuel Sia, profesor biomedical engineering di Columbia University yang menuliskan paper mengenai alat ini.

Begitu terhubung dengan iPhone atau smartphone lainnya, alat ini hanya membutuhkan setitik darah yang ditempatkan dalam wadah sekali pakai. Kemudian, sebuah aplikasi dijalankan untuk melihat hasilnya.

Alat ini didesain untuk pekerja kesehatan untuk mempermudah pengujian pada perempuan hamil, terutama untuk penyakit yang diderita sang ibu yang kemungkinan besar bisa ditularkan pada jabang bayi dalam kandungan.

Periset bahkan sudah mempertimbangkan harga alat ini. Yakni US$34 atau sekitar Rp438 ribu dan wadah darah hanya US$1,5, tak sampai Rp20 ribu. Jadi, Anda bisa menggunakannya sendiri di rumah untuk memeriksa kesehatan keluarga.