4 Desainer Promosikan Busana Muslim di Inggris [By: Juve]

4 Desainer Promosikan Busana Muslim di Inggris

PinkKorset.com, Jakarta – Empat desainer hijab Indonesia akan mempromosikan busana muslim (modest wear) di Inggris dalam ajang London Fashion Week 2016.

Keempat desainer tersebut, Dian Pelangi, Restu Anggraini, Jenahara dan Zaskia Sungkar, akan mengikuti International Fashion Showcase, sebuah program kunci dari gelaran London Fashion Week.

Mereka akan mengusung tema Modest Cosmopolist yang mewakili empat elemen (api, air, udara dan cahaya). Modest Cosmopolist sendiri mengedepankan filosofi bahwa untuk tumbuh, manusia harus kembali ke akar budaya sehingga menghasilkan keseimbangan antara gaya sederhana dan avant garde.

Karya empat desainer tersebut dikurasi oleh Carri Munden, Direktur Seni, Penata Gaya dan Perancang Busana yang berbasis di London. Carri sebelumnya telah banyak bekerja sama dengan musisi M.I.A, Klaxons, Dizzee Rascal, FKA Twigs, sempat berkolaborasi dengan Nicola Formachetti serta label seperti Nike dan Swatch.

Kegiatan mempromosikan busana muslim di Inggris ini merupakan kerjasama antara British Council dengan e-commerce fesyen muslim HijUp.com. Desainer Vivi Zubaedi akan hadir sebagai perwakilan tenant HijUp.com.

1

Direktur Kesenian dan Industri Kreatif British Council Indonesia Adam Pushkin mengatakan, kemitraan ini merupakan upaya untuk mengembangkan kolaborasi  kreatif di bidang fesyen antara Indonesia dan Inggris.

CEO HijUp.com Diajeng Lestari mengungkapkan kekaguman Perdana Menteri Inggris, David Cameron terhadap masyarakat muslim Indonesia yang sangat inklusif, pada kunjungannya beberapa waktu lalu.

Ia pun berharap melalui ajang fesyen ini, nilai-nilai Islam berupa keindahan, kreativitas dan kedamaian, dapat dipresentasikan oleh desainer-desainer fesyen muslim Indonesia.

2

Pada 2014, partisipasi Indonesia dalam International Fashion Showcase diwakili oleh Toton dan Jeffry Tan. Kemudian lokakarya fesyen hijab oleh Dian Pelangi pada 2015.

Dian Pelangi sendiri sempat melakukan residensi di London College of Fashion dan membuka kesempatan bagi dua perancang muda lulusan kampus tersebut, Odette Steele dan Nelly Stewart untuk melakukan residensi di kampung halamannya, Pekalongan. Hasil residensi dan kolaborasi mereka dipamerkan perdana dalam gelaran Jakarta Fashion Week pada Oktober 2015 lalu.

Bersama Dian Pelangi, desainer Restu Anggraini dan Jenahara juga sempat mengikuti program Indonesia Fashion Forward, yang merupakan bentuk kemitraan British Council dengan Jakarta Fashion Week, Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, serta Centre for Fashion Enterprises London.