Ada Ribuan Loker di Bea Cukai [beacukai]

Ada Ribuan Loker di Bea Cukai

PinkKorset.com, Jakarta – Bila Anda ingin bekerja di Bea Cukai, kabar berikut tampaknya cukup menarik.

Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membutuhkan sekitar 1.400 pegawai untuk menjalankan tugas, dalam kurun waktu 2 tahun ke depan.

Posisi paling besar yang dibutuhkan adalah bidang pelayanan dan pengawasan, terutama untuk kawasan pelabuhan. Hal ini dikarenakan fokus Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan sektor maritim sebagai salah satu kekuatan ekonomi Indonesia.

“Karena kan untuk aspek pengawasan, di laut sekarang perlu banyak pegawai,” ujar Sekretaris Jenderal DJBC, Kushari Suprianto.

Klasifikasi jenjang pendidikan cukup beragam, mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Diploma hingga Strata 1 (S1).

“Sebetulnya porsinya ada, tapi paling banyak D1, D3 untuk pelayanan, jurusannya kan perkapalan. Terus kalau administrasi ya jurusannya perbendaharaan, tapi kalau dari internal kan ada D3. SMA juga bisa tapi disekolahkan lagi ke S1 buat menambah pengetahuan soal kepabeanan,” katanya.

Saat ini, total pegawai Bea Cukai adalah 13.600 orang. Untuk mencapai tataran ideal, maka harus mencapai level 15.000 orang. Angka tersebut sudah diajukan kepada Kemenkeu dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Pada 2014 lalu, Bea Cukai menerima pegawai baru 700 orang yang kini sudah ditempatkan di berbagai daerah. Sedangkan pada 2015 sekitar 1.000 orang, yang masih dalam tahapan pendidikan.