Ajarkan Anak Hadapi Gempa Bumi [PinkKorset]

Ajarkan Anak Hadapi Gempa Bumi

PinkKorset.com, Jakarta – Indonesia banyak memiliki lokasi gempa. Apakah anak Anda sudah tahu cara menghadapinya?

Jangan khawatir. Arena edutainment Kidzania kini memiliki area edukasi gempa bumi lengkap dengan simulatornya.

Bekerja sama dengan PT Reasuransi MAIPARK Indonesia, KidZania Jakarta membuat area baru bernama ‘MAIPARK Earthquake Survival Institute Kidzania Jakarta’.

Area ini memberi edukasi kepada anak mengenai gempa bumi dan cara menyelamatkan diri. Disini anak akan berperan sebagai satuan penyelamat yang bertugas untuk mengantisipasi bahaya lanjutan setelah gempa terjadi.

“Indonesia punya banyak lokasi yang berpotensi terjadi gempa dan kami ingin meningkatkan literasi sejak usia dini terhadap risiko untuk mengurangi kerugian,” tutur Presiden Kidzania Jakarta, Kerry Riza saat konferensi pers di Jakarta, baru-baru ini.

kidzania-simulasi-gempa1Ketika memasuki area, peserta diberikan baju penyelamat dan pelindung kepala. Lalu, melalui layar yang tersedia, kedua pemandu akan menjelaskan segala hal yang terkait dengan gempa bumi. Mulai dari struktur bumi, struktur tanah, hingga penyebab gempa.

Setelah itu pasukan dibagi menjadi tiga regu dan masing-masing diberikan tas P3K. Setiap tim mendapat isi P3K yang berbeda seperti alkohol, plester dan obat merah. Mereka diberi misi untuk mematikan aliran listrik, keran air dan aliran gas.

Mereka kemudian diajak ke ruang simulasi gempa. Skala ricther terpasang pada sebuah layar agar pasukan tahu kekuatan gempa yang terjadi.

Setelah 20-21 detik merasakan gempa, pasukan diminta menjalankan misinya pada sebuah ruangan yang telah hancur akibat gempa.

Sukses menjalankan misi, para pasukan penyelamat diberi gaji sebesar 10 kidzos. Dengan kapasitas enam orang berumur 6-16 tahun, bermain di area ini memakan waktu 20 menit.