Animasi ‘Frozen’ Bebani Norwegia [news.com.au]

Animasi ‘Frozen’ Bebani Norwegia

PinkKorset.com – Film animasi Frozen berlatar belakang sebuah tempat di Norwegia. Kini, wilayah itu terkena imbasnya.

Tren Frozen seperti lantunan lagu ‘Let It Go’ dan merchandise-nya yang dijual di mana-mana memang sudah mulai mereda. Namun ternyata, Lofoten Islands di Norwegia masih merasakan imbasnya.

Kepulauan terpencil ini masih berisiko kebanjiran turis karena lanskapnya menjadi inspirasi Disney untuk setting film Frozen. Pejabat setempat menyatakan, sudah mulai kelihatan dampak buruk akibat hal tersebut.

Memang, ketika dirilis pada 2013 Frozen sempat membantu sektor pariwisata Norwegia. Tercatat kenaikan wisatawan asing hingga 20%. Jumlah itu terus naik hingga Norwegia mencatat pertumbuhan wisata hingga 7.5% pada 2015.

Musim panas lalu, lebih dari satu juta wisatawan asing datang ke Lofoten Islands. Kini, warga Norwegia rupanya mulai merasa penggemar Frozen berlebihan. Fasilitas publik sudah mulai kepenuhan.

Belum lagi masalah seperti sampah, toilet umum, hingga parkir mobil. Dampak terhadap lingkungan juga terasa, seperti erosi yang terjadi di beberapa tempat favorit di pesisir kepulauan tersebut.

The Guardian melaporkan, warga menyebut hutan di tempat itu sebagai ‘hutan sampah’ karena banyaknya sisa-sisa yang ditinggalkan para wisatawan. Fredrik Sørdal, walikota kota terdekat, Flakstad mengatakan, ini sebuah tantangan.

“Flakstad menjadi tak seimbang dalam hal pariwisata. Kami harus mengadakan beberapa pencegahan tahun depan,” ujarnya kepada televisi Norwegia, NRK.

Pemerintah setempat memprediksikan, satu juta lebih turis akan datang ke Norwegia pada April-September. Artinya, lanjut Sørdal, akan ada lebih banyak lalu lintas. Padahal di tempat itu, jalannya banyak yang sempit dan rumit.

“Kami mengkhawatirkan akan terjadi kecelakaan lalu lintas. Alam juga tak bisa diprediksikan, kamu harus benar-benar siap,” lanjutnya.

Frozen bukan satu-satunya yang menarik Hollywood. Matt Damon baru-baru ini menimbulkan kehebohan di tempat itu karena syuting film komedifiksi sains Downsizing.

Fenomena serupa juga dirasakan tetangga Norwegia, Islandia, yang kebanjiran turis akibat serial televisi Game of Thrones. Jumlah turis asing yang terbang ke Islandia tercatat sekitar 566 ribu pada 2011, melonjak ke satu juta lebih pada 2015.