Bisnis Hoki di Tahun Monyet Api

PinkKorset.com, Jakarta – Memasuki Tahun Monyet Api, beberapa pekerjaan akan bersinar. Apa saja?

Menurut penanggalan Tiongkok, Tahun Baru Imlek jatuh pada 8 Februari 2016. Ada beberapa bidang pekerjaan yang berdampak menguntungkan dan merugikan.

Ahli Feng Shui, Erwin Yap mengatakan, Tahun Monyet Api mengandung unsur logam kuat (Yang), artinya pekerjaan berunsur air termasuk menguntungkan (hoki).

“Pekerjaan berunsur air meliputi bidang perdagangan, komunikasi dan promosi. Salah satu yang melesat yakni media online. Ini berbanding terbalik dengan media cetak,” katanya saat peluncuran warna Monarch Gold, Dulux Colour of The Year 2016 di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Bidang usaha lain yang juga berunsur air adalah lini transportasi, mass communications, public relations (PR), Media Relations dan jurnalistik online.

Sementara itu, Erwin mewanti-wanti bidang pekerjaan berunsur kayu. Menurutnya, elemen ini kurang mujur (ciong) pada tahun ini. “Pekerjaan elemen kayu itu berkaitan dengan fashion, kain dan media cetak,” katanya lagi.

Meski demikian, bukan berarti bidang usaha tersebut dijauhi. Erwin menambahkan, lambannya pergerakan usaha berunsur kayu dapat disiasati dengan memadukan unsur air (media online). “Media online ini ibarat kuda yang berlari cepat. Bidang usaha berunsur apapun akan terbantu dengan kombinasi unsur air (media online),” kata pembaca raut wajah.

Misalnya usaha penjualan baju lebih terdorong dengan media online ketimbang mengandalkan jualan di toko.

Pada dasarnya Tahun Monyet Api berunsur logam termasuk ciong. Namun, Erwin tetap meyakini tahun ini tidak sepenuhnya jelek dan justru lebih baik dari tahun lalu.

“Tahun ini ekonomi lebih menggeliat ketimbang sebelumnya. Ibaratnya, seperti pekerja yang bekerja di bawah terik matahari,” kata laki-laki berkacamata ini.

Pergerakan ekonomi yang kuat menyebabkan perputaran uang begitu cepat. “Orang-orang akan banyak memutar uang daripada menyimpannya (menabung),” pungkasnya.