Bleaching, Perlu atau Tidak?   [youtube]

Bleaching, Perlu atau Tidak?  

PinkKorset.com, Jakarta – Salah satu proses dalam pewarnaan rambut adalah bleaching. Namun, seberapa perlu melakukannya?

Bleaching merupakan proses pengaplikasian bahan kimia di rambut, agar pewarnaan lebih meresap dan melekat padat. Bleaching digunakan untuk memberikan kesan highlight pada rambut, serta menurunkan warna rambut.

Winda Rosita, Art Director The Parlour Hairdressing Jakarta menuturkan, sebenarnya tidak semua pewarnaan rambut perlu di-bleaching.

Menurutnya, pewarnaan tanpa bleaching akan lebih tahan lama, karena warna rambut asli akan lebih mudah menyerap warna yang diaplikasikan. Sementara, rambut yang dibleach akan mudah memudar warnanya, karena rambut tersebut sudah tidak punya molekul untuk menyerap warna rambut.

Namun, lanjutnya, kalau warna rambut ingin benar-benar sama dengan buku panduan warna, tentu rambut harus di-bleach. Apalagi rambut perempuan Asia biasanya gelap dan punya pigmen berwarna hangat (seperti merah).

Dengan bleaching, pigmen merah dari rambut akan hilang. Sehingga, warna rambut yang diaplikasikan akan benar-benar seperti aslinya.  “Bila pigmen merah tidak dihilangkan, maka rambut yang diwarnai cokelat, akan memudar jadi kekuning-kuningan atau cenderung oranye,”ujarnya.

Pakar rambut ternama Rudy Hadisuwarno menekankan, teknik bleaching yang dilakukan dalam pewarnaan rambut harus tepat. Psasalnya, bleaching yang berlebihan atau tidak perlu justru akan merusak rambut dan menurunkan kualitas rambut.

“Solusi agar pewarnaan rambut tetap meresap tanpa bleaching adalah dengan toning rambut,”katanya.

Sementara Chad Demchuk, ahli pewarnaan rambut asal Amerika Serikat menyarankan untuk mengetahui hal-hal penting sebelum melakukan bleaching.  “Salah satunya perawatan guna mengembalikan kesehatan rambut,” ujarnya.

Anda pun harus mengetahui aman tidaknya bleaching di rambut dan kulit kepala. Ia menyarankan untuk melakukan tes di area rambut yang tidak banyak terlihat. Tes alergi juga bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pulaskan sedikit cat rambut di bawah telinga atau lipatan siku. Tunggu beberapa saat untuk mengetahui Anda alergi atau tidak dengan cat rambut tersebut,” katanya.

Chad menambahkan, untuk mendapatkan warna rambut yang sesuai, sebaiknya hindari melakukan bleaching sendiri karena Anda tidak akan mengetahui lamanya waktu dan proses pengerjaan. “Serahkan pada salon yang memiliki kredibilitas tinggi soal pewarnaan rambut,” pungkasnya.

Belum Ada Berita Terkait