Cara Mudah Cegah Penularan Radang Tenggorok [StyleCraze]

Cara Mudah Cegah Penularan Radang Tenggorok

PinkKorset.com, Jakarta – Radang tenggorok ternyata dapat menular. Berikut cara mencegah penularan radang tenggorok.

Radang tenggorok karena infeksi umum terjadi dan dapat ditularkan melalui udara atau makanan dan minuman. Pencegahan penularan dapat dilakukan dengan membiasakan pola hidup sehat dan memakan makanan sehat, serta menjaga lingkungan agar tetap bersih baik di rumah ataupun tempat kerja.

Dalam keadaan risiko penularan tinggi, seseorang yang dalam kondisi sehat dianjurkan memperkuat daya tahan tubuh dengan minum vitamin dan berkumur dengan obat kumur antiseptik setiap habis makan.

“Penderita dianjurkan memakai masker atau beristirahat di rumah untuk mengurangi resiko penularan di tempat kerja atau di sekolah,” tutur Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI/RSCM, dr. Syahrial M. Hutauruk, SpTHT-KL(K).

Untuk mengobati, penderita terkadang diberikan obat batuk sebagai penghilang gejala demam dan nyeri tenggorok. Bila disebabkan infeksi virus, pasien diberikan vitamin dan obat penguat daya tahan tubuh. Sedangkan bila disebabkan infeksi bakteri, beri antibiotik.

Pada kasus yang disebakan infeksi, baik oleh virus atau bakteri, dapat ditambahkan obat kumur antiseptik untuk tenggorok seperti povidone-iodine. Obat kumur antiseptik ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada keadaan akut dan dapat mencegah serangan berulang pada keadaan kronik

Povidone-iodine telah dibuktikan dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus pada rongga mulut sebanyak 99.4% dengan efektivitas tinggi dan waktu singkat. Kandungan ini terdapat dalam obat kumur Betadine,

Lakukan gargle atau berkumur hingga rongga tenggorok. Cara gargle yang benar adalah dilakukan pada bagian rongga mulut sampai tenggorok selama 30 detik untuk mengurangi pernyebaran bakteri dan virus secara efektif.