‘Contra Flow’ Tol Cikampek Diperpanjang [kompas]

‘Contra Flow’ Tol Cikampek Diperpanjang

PinkKorset.com, Jakarta – Pemberlakuan jalur lawan arus (contra flow) di jalur tol Cikampek-Jakarta pada arus balik mudik Lebaran 2016 diperpanjang.

PT Jasa Marga memperpanjang pemberlakuan contra flow di jalur tol Cikampek-Jakarta. Lawan arus itu menjadi enam kilometer, dari sebelumnya di km 69-41 menjadi di sepanjang km 69-35 tol Cikampek-Jakarta.

Pemberlakuan lawan arus sebagai rekayasa lalu-lintas kendaraan sudah dimulai sejak pukul 10.30 WIB untuk mengurai kepadatan arus balik dari arah Bandung dan Cipali menuju Jakarta.

PT Jasa Marga mengingatkan pengendara yang saat ini mengarah ke Cikampek dari Jakarta agar mengantisipasi lawan arus sejak km 35, atau setelah melewati gerbang tol Cikarang Utama, dengan memperlambat laju kendaraan.

Dengan perpanjangan contra flow ini, maka para pengguna jalan tol dari arah Jakarta menuju Cikampek setelah mengambil kartu masuk dari gerbang tol Cikarang Utama diharapkan dapat mengurangi kecepatannya, mengingat satu lajur digunakan untuk lawan arus.

Hingga Minggu siang, pemberlakuan lawan arus secara keseluruhan menjadi sepanjang 34 km. PT Jasa Marga memperkirakan puncak kepadatan arus balik Lebaran melalui tol Cikampek terjadi hingga Minggu malam nanti.