Dorong Anak Hebat dengan Didikan Tepat [divinelifestyle]

Dorong Anak Hebat dengan Didikan Tepat

PinkKorset.com, Jakarta – Orangtua selalu menaruh harapan besar pada anaknya. Lalu, bagaimana mendorong buah hati menjadi anak hebat dan berbakat?

Psikolog Roslina Veraulli, M.psi mengatakan, anak hebat harus memenuhi tiga kriteria. Selain sehat fisik dan cerdas intelektual, anak juga harus cerdas secara emosi dan sosial.

Terkait cerdas sosial, Roslina menuturkan, kompetensi sosial sudah dapat dikembangkan sejak anak berusia dua tahun. “Sehingga penting untuk ditanamkan mengenai nilai-nilai sosial pada usia ini,”ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Beberapa pendidikan moral bisa ditanamkan pada anak. Salah satunya yang bertujuan meningkatkan rasa peka anak dengan menghormati kebutuhan orang lain. “Ini agar mereka memiliki rasa empati dan mampu memahami perasaan dan kebutuhan orang lain.”

Orangtua juga bisa mengasah kemampuan anak memecahkan masalah,”Sebagai pembelajaran bahwa satu permasalahan dapat diselesaikan dengan beragam cara,” tambahnya.

Untuk menambah rasa percaya diri anak atas usaha positif yang ia lakukan, orangtua juga disarankan mengucapkan pujian atau kata-kata motivasi. Hal ini agar anak yang terbiasa membantu orang lain akan merasa dirinya bermanfaat bagi sekitarnya.

“Buat anak semakin termotivasi untuk berbuat baik dengan memberi contoh perilaku baik yang ditunjukan orang tuanya,”katanya.

Sementara untuk mendukung cerdas fisik dan intelektual, diperlukan nutrisi yang berperan penting dalam perkembangan otak anak.

Ini alasannya makanan pada anak harus mengandung unsur empat sehat lima sempurna. Terutama agar nutrisi mereka terjaga, sehingga tumbuh kembangnya semakin cepat dan tanggap terhadap berbagai pengetahuan dan pengalaman yang diberikan orang tuanya.

DR.dr Saptawati Bardosono, MSc mengatakan, perkembangan otak anak sebenarnya sudah diawali sejak dalam kandungan. Maka penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi nutrisi yang baik dengan memasok makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk perkembangan sel-sel saraf  dalam otak janin.

Kandungan tersebut bisa dijumpai dalam lemak ikan atau produk-produk yang telah dicampuri lemak tersebut.

“Dengan nutrisi yang tepat, bayi yang baru lahir akan mengalami penambahan berat badan dua kali lipat setelah empat bulan dan tiga kali lipat saat usianya mencapai satu tahun. Sedangkan tinggi badan mereka bertambah 50 % setelah satu tahun.”

 

Belum Ada Berita Terkait