Serdadu Pahlawan di Medan Perang

PinkKorset.com – Ini adalah kisah nyata perjuangan serdadu bernama Desmond T. Doss yang menyelamatkan puluhan rekannya di tengah sebuah pertempuran di Okinawa, Jepang, pada era Perang Dunia II.

Hacksaw Ridge adalah nama sebuah tebing yang dikenal sebagai Maeda Escarpment saat Pertempuran Okinawa terjadi. Tebing tinggi dan curam ini memisahkan antara medan perang dan area aman kekuasaan Amerika.

Doss adalah tentara yang memiliki pengalaman traumatis di masa kecilnya. Ia hampir membunuh saudaranya, Hal. Ia kemudian tumbuh menjadi laki-laki yang relijius dan jatuh cinta pada seorang perawat, Dorothy Schutte (Teresa Palmer).

Ia kemudian melamar jadi tentara, meski ditentang sang ayah, Tom (Hugo Weaving). Masalah baru timbul ketika ia di kamp pelatihan. Doss enggan menembakkan senjata karena bertentangan dengan ajaran agamanya.

Atasan Doss, Sersan Howell (Vince Vaughn) dan Kapten Glober (Sam Worthington) bingung bagaimana harus mengatasinya. Tetap saja, Doss turun ke medan perang. Di momen inilah teman-teman Doss sadar seperti apa ia sebenarnya.

Film perang besutan Mel Gibson ini lebih tepat disebut film antiperang. Cukup sarat kontroversial bahkan sebelum proses syuting dimulai. Seperti Doss asli yang sempat menentangnya hingga masalah copyright dan pendanaan.

Mel Gibson sekali lagi membuktikan diri sebagai sutradara handal. Meski film terakhir yang ia garap adalah Apocalypto (2006). Penggunaan CGI minim, Mel sepertinya tak ingin terlalu banyak bantuan efek di filmnya.

Aktor Andrew Garfield layak mendapat acungan dua jempol. Ia menunjukkan kualitas akting yang matang. Garfield membaur dengan sosok Doss, menghayati perannya dengan amat baik ketika di medan perang.

Hacksaw Ridge

Sutradara: Mel Gibson

Produser: Terry Benedict, Paul Currie, Bruce Davey, William D. Johnson, Bill Mechanic, Brian Oliver, David Permut, Tyler Thompson

Skenario: Andrew Knight, Robert Schenkkan

Pemeran: Andrew Garfield, Sam Worthington, Luke Bracey, Teresa Palmer, Hugo Weaving, Rachel Griffiths, Vince Vaughn

Produksi: Cross Creek Pictures, Demarest Films, Argent Pictures, Pandemonium Films, Permun Presentations, IM Global, Al Film, Vendian Pictures, Kylin Pictures

Distribusi: Summit Entertainment, Icon Film Distribution