Inikah Paspor Terkuat Sedunia? [quartz]

Inikah Paspor Terkuat Sedunia?

PinkKorset.com, London – Paspor merupakan kelengkapan berwisata internasional yang paling penting. Paspor negara manakah yang paling ‘kuat’?

Jika Anda suka bepergian keliling dunia, pasti bakal lebih menyenangkan jika memiliki paspor keluaran Jerman. Sebab sebuah survei membuktikan, paspor Jerman merupakan yang ‘terkuat’.

Kebebasan bepergian dirasa paling kuat bagi pemegang paspor Jerman. Bayangkan saja, paspor Jerman memiliki akses bebas visa ke 177 dari total 218 destinasiĀ di seluruh dunia.

Hal ini tercantum dalam laporan 2016 Visa Restrictions Index yang dikumpulkan firma kewarganegaraan dan imigrasi yang bermarkas di London, Henley & Partners. Paspor Jerman sudah sekuat itu sejak 2014.

Di belakang Jerman adalah paspor Swedia, dengan akses bebas visa ke 176 negara. Di urutan ketiga adalah Prancis, Finlandia, Italia, Spanyol dan United Kingdom dengan 175 negara. UK tadinya di posisi puncak.

Amerika Serikat, Belgia, Denmark, dan Belanda memiliki akses bebas visa ke 174 negara. Adapun paspor terburuk dunia adalah Somalia (31 negara), Irak (30 negara), Pakistan (29 negara), dan Afghanistan (25 negara).

Laporan ini juga menyebutkan, tak ada negara yang turun lebih dari tiga peringkat. Ini menandakan secara keseluruhan, akses bebas visa di seluruh dunia sudah membaik. Ada empat negara yang mencatat perubahan signifikan.

Tonga dengan kenaikan 16 peringkat, Palau dengan 20, Kolombia dengan 25, dan Timor Leste mencatat kenaikan tertinggi dengan melompat 33 peringkat. Peringkat sepuluh terbaik berisi 28 negara.

Untuk negara-negara tetangga, Singapura (5) dengan 173 negara, Malaysia (12) 164 negara, Timor Leste (57) 82 negara, Papua Nugini (62) 77 negara, Filipina (76) 61 negara.

Indonesia berada di urutan ke-79 bersama Kyrgyzstan dengan akses bebas visa ke 58 dari totalĀ 218 destinasi di seluruh dunia.