Warga DKI Punya Jakarta One [jakartaone]

Warga DKI Punya Jakarta One

PinkKorset.com, Jakarta – Warga DKI Jakarta kini punya kartu jumbo bernama Jakarta One.

Kartu ini merupakan bagian dari Jakarta Smart City yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan publik dan keterbukaan informasi.

Diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 2 Juni 2016 kemarin, kartu ini memiliki aneka fungsi. Mulai dari untuk sistem pembayaran saat naik angkutan umum, akses ke berbagai layanan publik, hingga penyaluran kredit kepada pelaku usaha kecil menengah.

Ahok mengatakan, ide awal Kartu Jakarta One berawal dari kartu JakCard milik Bank DKI yang kini digunakan untuk Kartu Jakarta Pintar dan pembayaran sewa rumah susun.

“Justru dasarnya seperti KJP. Ada tabungan JakCard namanya. Ini semua modal awal kita bentuk Jakarta One. Nanti kartu Jakarta One bisa e-KTP sebetulnya, semua bisa disimpan di situ. Jadi bukan tidak efisien (karena Jakarta kebanyakan kartu), justru jadi efisien,” ujarnya.

Saat ini, kartu Jakarta One hanya diterbitkan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) DKI Jakarta atas izin Pemda DKI Jakarta. Jumlah kartu yang terbit telah mencapai 1 juta hingga 2 juta. Kendati platformnya adalah JakCard, namun oleh BI, kartu Jakarta One ini dibuka untuk semua bank.

Warga Rusun Marunda, Jakarta Utara, menjadi pemilik pertama kartu e-money ini.

Apa Saja Fungsi Kartu Jakarta One?

Jakarta One Permudah Kredit UKM

Jakarta One Bisa Cegah Korupsi 

Cara Miliki Kartu Jakarta One