Jangan Usik Tawon

PinkKorset.com – Bila Anda tidak ingin disengat tawon, hindari mengganggu hewan ini. Mengapa?

Sebuah studi yang dilakukan ahli biologi evolusi Elizabeth Tibbets dan mahasiswa pascasarjana Michael Sheehan dari University of Michigan, Amerika Serikat menemukan bahwa tawon bisa mengingat wajah Anda.

Disebutkan, tawon  memiliki daya ingat luar biasa panjang dan bertindak sesuai dengan ingatan tentang interaksi sosial mereka.

Penelitian ini melatih tawon kertas (Polites fuscatus) membedakan dua gambar terpisah di dalam sebuah labirin berbentuk huruf T. Sebanyak 12 tawon dilatih melalui 40 percobaan pengenalan gambar berupa foto wajah tawon kertas normal, foto ulat, pola geometris sederhana dan wajah tawon yang diubah komputer.

Hasilnya menunjukkan, tawon kertas yang juga predator ulat, mampu membedakan dua wajah tawon kertas lebih cepat dan akurat ketimbang foto lainnya. Sekitar tiga perempat waktu saja mereka dapat belajar memilih wajah tawon yang belum diubah dengan tepat.

Pada riset sebelumnya juga ditemukan keterkaitan. Tawon kertas dapat mengenali individu spesies mereka melalui variasi pola tanda wajah. Tawon ini juga bersikap lebih agresif pada wajah yang tidak dikenali.

Kemampuan alami tawon ini dibutuhkan untuk mengingat siapa yang mereka layani dan dilayani dalam sebuah koloni. Ingatan ini dapat mencegah tawon pekerja menghadapi konfrontasi. Sehingga komunitas tawon bersama ratu bisa bekerja sama memelihara keturunan tawon.

Belum Ada Berita Terkait