Kesepian Bisa Sebabkan Penyakit Jantung [purepeacecoaching]

Kesepian Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

PinkKorset.com – Selain tak baik kesehatan mental Anda, kesepian juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Studi yang dipublikasikan jurnal kesehatan Heart ini menyebutkan, kesepian atau tak suka bersosialisasi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke dibandingkan mereka yang memiliki hubungan sosial yang harmonis.

Studi yang dipimpin Nicole Valtorta dari Universitas York di Inggris ini melakukan studi terhadap literatur sains tentang kesepian dan menganalisa 23 studi yang sedang berjalan yang meliputi 181 ribu orang sehat.

Mereka menemukan, menyendiri atau kesepian adalah perasaan negatif yang timbul karena merasa kurang bahagia dengan sebuah hubungan dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner hingga 29% dan 32% meningkatkan risiko stroke.

Ini membuktikan, menyendiri bisa berujung pada peningkatan faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti kecemasan dan ketegangan kerja.

Valorta mengatakan, banyak efek yang berpengaruh pada tubuh dalam beberapa aspek. Kesepian berpengaruh terhadap faktor tingkah laku dan gaya hidup sesorang.

“Perasaan terisolasi atau orang-orang yang merasa kesepian tidak memiliki fisik yang aktif, tidak merokok, tidak sering ke dokter, selalu makan makanan sehat, dan memiliki tingkat obesitas yang tinggi,” ujarnya.

Secara biologis, kesepian mempengaruhi sistem imun tubuh dan membuat orang-orang yang merasa kesepian memiliki tingkat stress yang tinggi. Secara psikis, mempengaruhi tingkat kecurigaan dan tingkat depresi yang tinggi.

Valtorta menambahkan, studi ini memberikan solusi bahwa memiliki banyak teman dan hubungan pertemanan atau hubungan suami istri yang baik akan membuat jantung lebih sehat.