Kulit Kering dan Bersisik, Waspada Psoriasis [huffpost]

Kulit Kering dan Bersisik, Waspada Psoriasis

PinkKorset.com, Jakarta – Bila kulit mengalami bercak merah, bersisik dan kering, waspada adanya psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit peradangan kronis (autoimun) pada kulit, dimana penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Psoriasis ditandai dengan bercak-bercak merah dengan sisik kasar dan tebal.

Ketua kelompok studi Psoriasis Indonesia (KSPI) dari Perhimpunan Dokter Spesialis kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dr. Githa Rahmayunita, SpKK menjelaskan, psoriasis bersifat kronis dan kambuhan serta dapat terjadi pada siapa pun.

“Psoriasis banyak muncul pada umur 15-30 tahun, ras kaukasia dengan jumlah seimbang antara perempuan dan laki-laki,” katanya saat acara Hari Psoriasis Sedunia 2016 bersama Johnson & Johnson Indonesia di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, psoriasis vulgaris paling banyak ditemukan. Psoriasis tipe ini ditandai bercak merah, tebal, bersisik kasar, berwarna  putih transparan dan sedikit gatal. Ukurannya sekecil biji jagung sampai telapak tangan berjumlah satu hingga tak terhitung. Biasanya terdapat di kulit kepala, siku dan lutut.

Selain itu, psoriasis gutata sering menyerang anak ditandai benjolan bulat lonjong (diameter 2-6 mm) bentuk tetesan di kulit (gutate). Kelainan ini muncul di badan, lengan maupun kaki dengan bakteri streptococcus grup A sebagai pemicunya.

“Biasanya 2/3 pasien psoriasis gutata memiliki riwayat infeksi saluran napas,” ujarnya.

Ada pula tipe psoriasis yang tergolong berat, antara lain psoriasis pustulosa dan eritroderma psoriatika. Kedua jenis penyakit ini ditandai gejala seperti psoriasis umumnya dengan lenting berisi nanah hampir seluruh tubuh disertai nyeri, demam, menggigil serta memerlukan rawat inap.

Apa penyebab psoriasis?

Psoriasis disebabkan autoimun atau kondisi sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat.

Sel imun merangsang pembentukan sel kulit lebih cepat dari kondisi normal. Bil kaulit orang sehat membutuhkan waktu 21-28 hari untuk pembentukan sel kulit, maka pasien psoriasis mengalami siklus pembentukan 3-5 hari.

Kondisi ini menyebabkan penumpukan sel kulit di jaringan kulit, sehingga terjadi penebalan, bersisik dan peradangan (kulit merah).

Beberapa keadaan lingkungan atau faktor tertentu juga dapat memperburuk atau mencetus Psoriasis, seperti trauma (garukan, gesekan), infeksi (kuman streptokokus, HIV), gangguan hormonal, stres emosional, obat-obatan, gangguan metabolisme, sinar matahari, alkohol dan merokok.