Lima Rasa Sakit Ini Disebabkan Ponsel [kaboompics]

Lima Rasa Sakit Ini Disebabkan Ponsel

PinkKorset.com – Penggunaan teknologi ponsel secara berlebihan memang tak baik. Berikut lima rasa sakit yang mungkin disebabkan oleh penggunaan ponsel secara berlebihan.

Pernah merasakan sakit atau pegal-pegal atau ngilu di siku dan leher? Mungkin, rasa sakit itu disebabkan oleh ponsel Anda. Terapis fisik di Professional Physical Therapy, Jaime Quinn, DPT, berpendapat, masalahnya mungkin pada postur Anda.

Tubuh kita tak didesain untuk terus membungkuk ke depan dan memegang ponsel sepanjang hari,” katanya. Berikut lima rasa sakit yang kemungkinan berasal dari penggunaan ponsel dan cara meredakannya.

Jempol

Beberapa tahun lalu, ‘jempol BlackBerry’ pernah menjadi isu kesehatan. Banyak pengguna gadget tersebut melaporkan sakit pada jempol karena keypad-nya. Kini, ponsel layar sentuh sekalipun, juga membuat jempol bekerja. Selain mengetik, Anda menggunakan jempol untuk scroll teks di layar sentuh.

Cara mengatasinya: Gunakan juga jari-jari lainnya, kata Quinn. Jika benar-benar sakit, temui dokter yang kemungkinan meminta Anda menggunakan penyangga jempol untuk mengurangi rasa sakitnya.

Leher

Kepala bedah tulang belakang di New York Spine Surgery, Dr. Kenneth K Hansraj menuturkan, pasiennya banyak melaporkan rasa sakit karena postur saat menggunakan ponsel. Menunduk untuk melihat ponsel, berdasarkan sebuah studi yang ditemukan Dr. Hansraj, menekan tulang belakang hingga 30 kg.

Cara mengatasinya: Angkat ponsel Anda lebih tinggi dan hindari menunduk. Beberapa orang, kata Dr. Hansraj, lupa jika mata memiliki jarang pandang yang luas. “Anda bisa melihat ke bawah tanpa harus sepenuhnya menunduk.”

Siku

Melipat siku pada posisi tertentu pada jangka panjang bisa menekan syaraf yang berada di sendi siku. Hal ini menyebabkan sakit dan kesemutan yang menjalar hingga ke tangan. Belum lagi pergelangan tangan yang ikut berada pada posisi tertentu saat mengetik, papar Quinn, yang bisa melelahkan otot lengan.

Cara mengatasinya: Letakkan tangan ke bawah saat Anda sedang membaca sebuah artikel dan harus memegang ponsel dalam waktu lama.

Punggung

“Saat leher dan bahu maju, otot depan mengetat dan yang di belakang melemah. Lama-lama, Anda memaksakan ketidakseimbangan otot,” kata Quinn. Hasilnya, sakit punggung yang kadang memaksa Anda berkonsultasi dengan dokter.

Cara mengatasinya: Perhatikan postur sepanjang hari. Duduk tegak dengan bahu ke belakang, lawan keinginan untuk membungkuk. “Kadang, orang menunggu hingga sakit baru mengubah posisinya,” kata Dr. Hansraj. Pertimbangkan melakukan yoga untuk menaikkan fleksibilitas tulang punggung.

Pergelangan Tangan

Pernah mengalami tangan kaku di posisi sedang mengetik? Posisi yang dikenal sebagai text claw ini kadang disertai rasa sakit. Anda menekan tendon dan sendi pergelangan tangan hingga siku.

Cara megatasinya: Sering berganti tangan saat menggunakan ponsel. Menggunakan komputer desktop atau laptop masih lebih baik karena Anda bisa membuat postur lebih nyaman. Sehingga, mengurangi tekanan pada jaringan lembek agar tidak meradang, kata Quinn.