Bagian Tubuh yang Perlu Perhatian Khusus [healthline]

Bagian Tubuh yang Perlu Perhatian Khusus

PinkKorset.com – Kita mandi untuk memastikan tubuh bersih. Namun ada beberapa bagian tubuh yang membutuhkan perhatian khusus. Apa saja?

Tahukah Anda terdapat 2.368 spesies bakteri yang hidup di pusar dan bahkan bisa lebih? Padahal, kita sering mengabaikan kebersihan pusar. Menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga sebenarnya juga hal yang berbahaya dan tidak perlu dilakukan. Ternyata, banyak juga bagian tubuh yang kita bersihkan dengan cara salah. Berikut diantaranya.

Pusar

Kita cenderung tidak peduli terhadap kebersihan pusar atau membersihkannya dengan cara yang salah. Pusar seharusnya dibersihkan seminggu sekali dengan cara khusus. Celupkan cotton bud ke dalam alkohol dan gunakan untuk membersihkan pusar. Lakukan secara perlahan dan terus menerus hingga cotton bud yang Anda gunakan tampak bersih. Usap dengan tisu untuk menghilangkan alkohol. Hindari menggunakan body lotion.

Telinga

Sudah sepantasnya Anda menghindari menggunakan benda tajam atau kuku untuk membersihkan kotoran telinga. Salah satu cara yang aman adalah meneteskan baby oil atau gliserin untuk melembutkan kotoran telingat. Setelah sehari-dua hari, tuang air hangat secara perlahan menggunakan pipet kecil. Lalu miringkan kepala Anda untuk mengeluarkan air tersebut. Bersihkan dengan handuk dan ulangi bila perlu. Untuk membersihkan bagian luar telinga, cukup gunakan kapas basah.

Lidah

Menurut pakar, mengeruk lidah adalah cara paling efektif untuk membersihkannya. Lidah juga perlu dibersihkan sesering Anda menggosok gigi. Letakkan pengeruk khusus lidah di bagian belakang dan perlahan gerakkan ke depan dengan tekanan seperlunya. Jika merasa seperti mau muntah, hindari dengan menyesuaikan kembali letak pengeruk lidah.

Sikut

Untuk menghindari penumpukan kulit mati yang menyebabkan sikut menghitam, ada baiknya Anda mengupasnya (exfoliate) sekali atau dua kali seminggu. Anda bisa membuat scrub sendiri di rumah atau beli di toko. Kuncinya adalah menggosok scrub dengan gerakan melingkar secara perlahan. Menggosoknya terlalu kencang malah akan memperburuk kondisi sikut Anda.

Kulit Kepala

Penumpukan di kulit kepala bisa disebabkan oleh sel kulit yang mati atau menggunakan produk rambut yang berlebihan. Untuk membersihkannya, bilas rambut sebelum memakai shampoo. Kemudian, campur air dengan shampoo dan usapkan di area kulit kepala. Jika menggunakan kondisioner, hanya oles di ujung rambut saja dan hindari kulit kepala.

Wajah

Busa sabun dan pembersih malah berpotensi membuat wajah Anda semakin kotor. Gunakan cleanser mild dengan air hangat untuk membersihkan wajah. Diamkan selama 60-90 detik sebelum membilasnya.

Punggung

Membersihkan punggung biasanya menjadi ritual paling sulit saat mandi. Untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar, mulailah dengan sikat kering. Lanjutkan dengan menggosok seperti biasa menggunakan produk-produk yang didesain untuk membantu membersihkan punggung seperti loofah panjang atau exfoliating band.