Maksimalkan Kepintaran Anak [parkbench]

Maksimalkan Kepintaran Anak

PinkKorset,com, Jakarta – Setiap anak memiliki anugerah kepintaran yang berbeda. Bagaimana cara mengoptimalkannya?

Kepintaran tidak tumbuh secara otomatis sehingga harus distimulasi dan dikembangkan di usia dini. Namun, orang tua perlu mengetahui delapan kepintaran yang dimiliki anak untuk menentukan jenis stimulasi yang tepat.

Delapan kepintaran tersebut adalah word smart, number smart, picture smart, music smart, body smart, people smart, self smart serta nature smart.

Parenting educator Dr. Andyda Meliala menuturkan, untuk mengembangkan sel kepintaran ada tahapannya dan untuk memaksimalkannya, harus distimulasi terus menerus.

“Inti dari kepintaran adalah pengulangan untuk menjadikannya optimal,” ungkapnya dalam talkshow Parenting Club bersama Wyeth Nutrition di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Cara terbaik untuk mengembangkan kepintaran anak adalah memahami karakter serta kemampuan belajar anak. Orang tua harus membiasakan memberi stimulasi setiap hari melalui kegiatan yang menyenangkan dan kreatif, bahkan sejak dalam kandungan dengan cara bernyanyi.

Kegiatan paling sederhana yang dapat dilakukan orang tua untuk merangsang kepintaran anak adalah membaca buku. Melalui membaca, anak dapat mempelajari banyak hal, mulai dari kata, gambar hingga nomor dan merangsang beberapa kepintarannya.

Kegiatan lain adalah memasak. “Ketika memasak, anak belajar mengenal bumbu yang merangsang nature smart, mengetahui takaran bumbu yang merangsang number smart, melatih kemampuan kata yang merangsang word smart, berdiskusi yang merangsang people smart serta mencium bau yang termasuk self smart,”urainya.

Dr. Andyda menambahkan, pondasi dari delapan kepintaran tersebut adalah self smart, tempat semua kepintaran lain berkembang. “Ini menjelaskan bahwa anak yang self smart-nya baik, lebih cerdas karena dia merasa aman dan nyaman.”