Cara Merangsang Kepintaran Anak [promum]

Cara Merangsang Kepintaran Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Setelah mengenal beragam jenis kepintaran anak-anak, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menggali kepintaran tersebut.

Thomas Armstrong, Ph.D, Ahli Multiple Intelligences sebelumnya telah mendefinisikan delapan jenis kepintaran sebagai word smart, number smart, picture smart, body smart, music smart, people smart, self smart dan nature smart.

Lalu bagaimana merangsang kecerdasan anak?

Prof. Thomas memberikan kiat sederhana menstimulasi kecerdasan anak melalui fasilitas yang ada di rumah.

  1. Berdayakan semua barang di rumah. Misalkan gunakan kaleng bekas dan mewarnainya.
  2. Lakukan kegiatan bersama keluarga. Misalkan jalan-jalan di kebun atau taman, main games bersama (monopoli, scrabble, membacakan buku cerita bersama).
  3. Luangkan waktu untuk mengembangkan kecerdasaan bersama anak. penelitian mengatakan bila anak banyak mendengarkan banyak kata di rumah melalui orang tua akan mengantarkan anak sukses di sekolah.
  4. Jangan tekan anak karena akan membuatnya stres. Artinya jangan terus melakukan kegiatan belajar di kursi dan meja. Biarkan mereka melakukan kegiatan belajar lainnya seperti bernyanyi dan drama.

anak,-menanam

Ika Nursantini Noor, Head of Marketing Services PT Wyeth Nutrition Indonesia menyarankan para orangtua untuk tidak membandingkan satu anak dengan lainnya. Hal ini justru akan membuat mereka tertekan sehingga kurang percaya diri.

“Anak-anak berbeda dan kita harus mendukung sesuai kepintarannya. Oleh karena itu, kami kampanyekan #BedaAnakBedaPintar melalui media sosial. Tak hanya itu, kami juga memiliki Progold Parenting Club (online) dan konsultasi by phone (hotline),” katanya.

Inilah yang perlu diketahui orang tua terhadap anaknya. Setiap anak berbeda dan spesial. Mereka tidak bisa dibanding-bandingkan karena memiliki bakat yang beragam.

Justru orang tua harus mengenali dan memfasilitasinya agar anak mampu menggali kepintarannya.