Microsoft Ciptakan Teknologi Seakurat Manusia

PinkKorset.com – Microsoft membuat lompatan besar di bidang intelijen buatan (artificial intelligence/AI) melalui sebuah piranti lunak. Seperti apa?

Piranti lunak untuk speech recognition ini, sebagaimana diklaim periset Microsoft, bisa mendengarkan bahasa seakurat manusia. Pengembangan ini, diklaim Microsoft, menandai teknologi speech recognition tercanggih yang pernah diciptakan. Perusahaan ini juga pernah mencetak rekor di bidang sama.

Dalam sebuah paper yang dipublikasi awal pekan ini, software tersebut memiliki rate error sebesar 5,9% atau sama seperti manusia. Bulan lalu, mereka mencapai error rate sebesar 6,3% dan memang berniat untuk mencapai level akurasi manusia. Microsoft sukses melakukannya dalam waktu singkat.

Software ini mengandalkan semacam jaringan syaraf, sebuah teknologi yang menerjemahkan data seperti otak manusia. Juga unit prosesor grafis (GPU) khusus. GPU ini membuat piranti lunak tersebut bejalar dalam kecepatan yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Pencapaian Microsoft ini, menurut situs Mashable, berarti perusahaan tersebut sebentar lagi akan memiliki produk-produk yang bisa mengerti manusia dengan lebih baik. Aplikasi asisten pribadi Cortana dan konsol game Xbox, misalnya, akan menjadi produk-produk Microsoft yang diuntungkan riset ini.

Selain Microsoft khususnya, secara umum ini pencapaian penting dalam teknologi AI. Geoffrey Zweig dari kelompok riset Speech and Dialog di Microsoft mengatakan, fase selanjutnya adalah membangun software yang bisa menerjemahkan sekaligus memahami pembicaraan manusia.