Ketika Obama Sambangi Warung di Vietnam [ig/anthonybourdain]

Ketika Obama Sambangi Warung di Vietnam

PinkKorset.com, Hanoi – Ia mungkin orang terkuat di seluruh dunia. Tapi Presiden Amerika Serikat (AS) juga manusia biasa yang bisa mendatangi warung dan makan dengan lahap.

Obama saat ini tengah berkunjung ke Vietnam. Ia tak hanya membuat keputusan penting seperti menghapuskan embargo senjata terhadap negara yang pernah menjadi lawan perang Amerika ini. Obama juga wisata kuliner.

Suami Michelle Obama ini dengan santainya masuk ke sebuah warung di pinggir jalan, duduk di kursi plastik biru dengan meja makan kecil, kemudian menyeruput hidangan ‘bun cha’ khas Vietnam.

Ia terpotret sedang duduk bersama Anthony Bourdain, seorang koki dan kritikus makanan yang membawakan acara travelling mengenai kuliner-kuliner tersembunyi di seluruh dunia.

Sementara pemilik restoran kecil itu, Nguyen Thi Lien (54), tahu akan ada wartawan asing berkunjung ke warungnya. Namun tak menyangka, ada tamu luar biasa spesial yang menyertai mereka.

“Kehadirannya di restoran saya merupakan kejutan besar bagi keluarga ini. Kami tak pernah membayangkannya atau bahkan memimpikannya,” kata Thi Lien, Selasa (24/5/2016).

The President’s chopstick skills are on point . #buncha #hanoi

A photo posted by anthonybourdain (@anthonybourdain) on

Tentunya, keberadaan Obama pasti disertai protokol super ketat. Seluruh jalan di sekeliling warung Bun Cha Huong Lien itu ditutup oleh agen pengawal pejabat penting AS, Secret Service.

Banyak warga berkumpul di depan restoran kecil itu, menyambut Obama dalam riuh ramai. Sang presiden pun seperti biasanya, ramah menyapa semua orang yang sibuk memotretnya lewat ponsel mereka.

“Obama sangat baik. Tersenyum, gembira, dan ia terkenal,” lanjut si pemilik warung.

Makanan Obama dan Bourdain hanya sebesar enam dolar dan si koki dengan bangga membayarkan makan mereka. Bourdain memang dikenal sebagai pakar kuliner yang menyukai makanan pinggir jalan.

Sementara di sekeliling mereka ada beberapa pengunjung lain yang juga sedang makan. Bayangkan perasaan mereka, bisa makan seruangan dengan presiden AS!

Hadirnya Obama ini juga masuk ke dalam episode acara Anthony Bourdain Parts Unknown yang akan ditayangkan September mendatang. Obama akan menutup lawatan Asia ini dengan peristiwa yang akan tercatat dalam sejarah.

Yakni presiden incumbent Amerika Serikat akan menginjakkan kakinya ke Hiroshima, Jepang, kota yang pernah luluh lantak dibom atom AS ketika Perang Dunia Kedua.