Orang Cerdas Sulit Bekerja? [glamour]

Orang Cerdas Sulit Bekerja?

PinkKorset.com – Anda duduk di meja kerja, siap memulai hari. Tak ada salahnya mengintip Facebook semenit-dua menit. Tak terasa, sejam berlalu dan belum juga kerja. Benarkah ini tanda Anda cerdas?

Tak hanya itu, Anda juga mulai melakukan pencarian di internet untuk hal-hal menarik yang baru dilihat di Facebook. Kemudian membuka Twitter, selebritis favorit tentunya lebih menarik ketimbang pekerjaan hari itu.

Ketika akhirnya mulai bekerja, Anda sudah memeriksa e-mail hingga tiga kali dan membuka delapan tab di browser yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan. Sepanjang hari, Anda kesulitan fokus.

Pikiran Anda terus teralihkan dan melakukan berbagai hal yang sama sekali tak ada hubungannya dengan kantor. Sebal? Jangan kesal. Sebab menurut sains, ini tanda Anda orang yang cerdas.

Steelcase, lembaga yang memberi solusi masalah tempat kerja, mengadakan sebuah studi yang mempelajari kebiaasaan lebih dari 10 ribu karyawan di 17 negara. Lebih dari setengahnya mengaku sulit berkonsentrasi di kantor.

Hasil studi ini menyebutkan, semakin cerdas maka semakin cepat perhatian teralihkan.
Orang cerdas, menurut studi tersebut, sulit memprioritaskan ide yang melompat-lompat di dalam kepala mereka.

“Kantor selalu mencari orang paling cerdas. Tapi masalahnya, sulit multitasking dan sering gagal fokus adalah masalah mereka,” kata Bostjan Ljubic yang melakukan studi ini, kepada Daily Mail.

Ljubic menambahkan, cara orang bekerja yang selalu berubah-ubah menyebabkan otak rentan terhadap stress dan pengalih perhatian. Akhirnya, beban pekerjaan malah jadi overload.

Sepanjang hari, banyak hal yang mengalihkan perhatian seseorang. Tak hanya teknologi, namun juga rekan kerja yang berisik atau banyak bicara. Juga, suasana kantor yang tak kondusif seperti terlalu panas.

Terpenting, Anda bisa menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Ini bukti, Anda sosok yang brilian. Meski seiring berjalan waktu, Anda juga harus belajar mengabaikan gangguan yang mengurangi produktivitas.