Penyebab Tertinggi Kanker Payudara [dailytelegraph]

Penyebab Tertinggi Kanker Payudara

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak faktor risiko munculnya kanker payudara. Namun, apa  pemicu terbesarnya?

Setiap orang memiliki sel-sel kanker di dalam tubuhnya, termasuk sel kanker payudara. Sel-sel tersebut bisa muncul kapan saja karena dipicu oleh beberapa faktor risiko.

Stres tinggi menjadi salah satu faktor yang berpotensi menjadi kanker payudara. Data pasien di RS Dharmais teranyar mengungkapkan bahwa stres menjadi penyebab paling tinggi kanker payudara.

“Karena kan penyebab kanker payudara hormon estrogen dan stres bisa meningkatkan hormon estrogen,” tutur dr Hardina Sabrida MARS dari Divisi Uji Kesehatan Deteksi Dini Kanker Payudara RS Dharmais dalam acara Breast Cancer Awareness di Neo Soho Mall di Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya, hormon estrogen di dalam tubuh dapat bertambah karena pola pikir atau pola hidup yang salah. Pola hidup diantaranya adalah pola makan yang tidak terjaga, seperti konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Namun, pengaruh pola hidup hanya sedikit terhadap timbulnya kanker payudara.

Sementara itu lemak dalam tubuh dapat menghasilkan hormon estrogen.

”Pada usia muda, kelebihan hormon estrogen dapat menimbulkan banyak hal, tetapi pada usia 35 tahun ke atas 85% akan menjadi kanker payudara,”pungkasnya.