Peran Penting keluarga Saat Puasa [yuppiechef]

Peran Penting keluarga Saat Puasa

PinkKorset.com, Jakarta – Pola makan yang berubah saat berpuasa mendorong tubuh untuk melakukan penyesuaian. Di sini, keluarga memiliki peranan penting.

Spesialis Gizi Klinik Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK mengatakan, orangtua harus dapat memastikan hidangan keluarga saat sahur, buka puasa dan hari raya, mengacu pada gizi seimbang.

“Gizi tidak boleh kekurangan maupun berlebihan karena keduanya mengganggu kesehatan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (22/6/2016).

Menurut dr. Inge, orangtua dapat berpedoman pada ‘Piring Makanku’ untuk menyediakan hidangan dari berbagai kelompok makanan berbeda.

“Untuk porsi sekali makan, isi setengah piring dengan makanan pokok (nasi atau roti) dan lauk-pauk. Lalu, sisanya dilengkapi dengan sayur dan buah-buahan. Batasi gula, garam dan minyak,” katanya.

Berdasarkan Survei Diet Total (SDT) 2014, masyarakat Indonesia cenderung mengonsumsi makanan tinggi kalori, garam, gula dan lemak jenuh.

Sementara untuk melengkapi gizi selama berpuasa, dr. Inge menyarankan mengonsumsi segelas susu saat sahur dan berbuka. “Susu menjadi minuman pelengkap yang berizi, mudah dicerna, prkatis dan ekonomis untuk mencukupi gizi semua usia,” ujarnya.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga tidak kalah pentingnya. Orangtua perlu memastikan anggota keluarganya memenuhi hidrasi dengan minum minimal 8 gelas sehari. Anda dapat menerapkan pola 2-4-2 ( dua gelas saat berbuka, empat gelas pada malam hari dan dua gelas ketika sahur).

“Pilihlah air putih yang tidak berwarna, berbau, berasa dan tidak mengandung zat berbahaya,” ucap dokter yang berpraktik di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.

Selain sebagai hidrasi tubuh, air putih bermineral juga berfungsi mencegah karies, mendukung kesehatan jantung, pembuluh darah dan proses transmisi saraf serta konstraksi otot.

Sementara saat Hari Raya Idul Fitri tiba, dr. Inge mengimbau para orangtua untuk memerhatikan pola makan keluarganya karena berlimpah hidangan lezat. “Makanlah dengan komposisi gizi seimbang dengan jadwal teratur seperti hari biasa. Lakukan akivitas fisik ringan untuk menjaga tubuh tetap fit dan selalu mencukupi hidrasi tubuh,” pungkasnya.

Belum Ada Berita Terkait