Perlukah Menyetrika Pakaian Dalam? [Maid in Essex]

Perlukah Menyetrika Pakaian Dalam?

PinkKorset.com, Jakarta –  Pakaian dalam memang tidak pernah terlihat orang lain. Lalu, perlukah menyetrikanya?

Setelah usai mencuci dan mengeringkan, Anda biasanya menyetrika rapi semua pakaian. Bagaimana dengan pakaian dalam?

Jessica Lays, Brand representative Gunze Indonesia mengatakan, pakaian dalam setelah dikeringkan atau dijemur, sebaiknya langsung dilipat atau langsung pakai.

“Pakaian dalam kan tidak terlalu terlihat, jadi kalau tidak disetrika tidak masalah,” ujarnya di Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya, pakaian dalam yang tidak disetrika, akan lebih awet karena material pakaian dalam lebih tipis dan halus. Proses setrika justru akan membuat serat dan tekstur kain rusak.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh menyetrika pakaian dalam. Bila Anda menyukai kerapian, atau pakaian dalam tidak bisa kering sempurna karena musim hujan, Anda bisa saja menyetrikanya.

Sebelum melakukannya, tentukan dulu materialnya. Apakah katun, sutra, rayon atau polyester. Semua jenis kain ini memiliki ketahanan temperatur yang berbeda. Periksa label untuk petunjuk material dan cara mencuci. Pada label biasanya tertera apakah material ini bisa disetrika atau tidak.

Sesuaikan suhu setrika dengan petunjuk pada label. Jika tidak ada instruksi, mulailah dengan suhu rendah. Anda bisa menaikkan suhu, bila dirasa kurang panas.

Setrika pakaian dalam sesuai jahitan dan lipatannya. Perlakuan jelas berbeda untuk bra, lingerie atau boxers pasangan Anda. Bila sudah selesai, lipat pakaian dalam dengan hati-hati.