Pucuk Rebung, Motif Andalan Ambah Batik [By: Mockingjay]

Pucuk Rebung, Motif Andalan Ambah Batik

PinkKorset.com, Jakarta –  Ambah Batik, pemain baru di dunia fesyen, jadikan pucuk rebung sebagai motif utama busana batiknya.

Motif pucung rebung merupakan motif Melayu yang telah dipakai berbagai daerah di Indonesia, seperti Riau, Sumatera, Kalimantan, Jawa dan lainnya. Namun, dalam dunia fesyen, motif ini jarang diangkat.

Arti dari motif ini pun sangat kuat, yaitu agar manusia dapat bermanfaat bagi orang lain dan memiliki harapan yang kuat layaknya pohon bambu.

Filosofi dan motif pucuk rebung ini kemudian diambil sebagai DNA oleh Ambah Batik.

Founder dan CEO PT Ambah Karya Kreativitas Dina Rimandra Handayani mengatakan, dari filosofi yang sederhana ini lahirlah konsep ‘socialpreneur 50 to 50 Merawat Tradisi Membagi Hati’.

“Bisnis kami tidak sekadar mencari keuntungan tapi berkontribusi kepada pembangun ekonomi dan kegiatan filantropi,” ujarnya di Jakarta, Kamis (4/8/2016).

ambah-batik

Berdiri pada 2013, Ambah Batik untuk pengerjaannya dibantu anak-anak SMK binaan Galeri Batik Kudus, Batik Pekalongan dan Batik Solo. Sekitar 20% koleksi Ready To Wear nya dikerjakan oleh murid SMK Bogor untuk membatik, menjahit dan finishing.

“Karena kami ingin sekali anak-anak SMK, karena mereka patut diapresiasi. Kita berkontribusi memberi keterampilan fasilitas sehingga bisa membantu mereka berwirausaha atau bermitra dengan kita nantinya,” katanya.

Dalam show perdananya kali ini, Ambah mengaluarkan 48 koleksi untuk perempuan dan laki-laki.

Sekuen pertama diawali deretan busana ready to wear yang didominasi palet merah. Nuansa warna yang berani dihadirkan dengan paduan bersama hitam dan emas yang kontras. Motif pucuk rebung pun dikemas modern dengan jumpsuit, wrapped dress, shift dress, outerwear model cape, hingga setelan jaket dan celana senada.

Koleksi dilanjutkan dengan warna biru yang tampak lebih tenang. Kali ini potongan yang ditawarkan lebih berani, seperti cropped top, mini dress dan juga gaun-gaun berbelahan tinggi untuk menarik pangsa pasar perempuan urban yang berjiwa muda. Tampilannya pun lebih kreatif ketika batik dilapisi bahan transparan seperti organza.

Sekuen selanjutnya tampil lebih glamour dan formal. Kombinasi palet hitam emas pun mendominasi. Sentuhan kemewahan pada gaun-gaun ini dihiasi aplikasi payet dan lace pada motif batiknya.

Terakhir, jajaran gaun megah nan glamor dihadirkan seperti ballgown, jumpsuit atau dress pendek yang dihias coat panjang menyapu lantai.

Belum Ada Berita Terkait