Sarapan Beri Kebaikan untuk Tubuh [julessuitesmalta]

Sarapan Beri Kebaikan untuk Tubuh

PinkKorset.com, Jakarta – Sebelum beraktivitas, usahakan untuk sarapan. Karena rutinitas yang satu ini menyimpan berbagai kebaikan untuk tubuh.

Ahli Gizi dr. Diana F. Suganda, Mkes, SpGK mengatakan, sarapan menjadi makanan paling utama dalam satu hari, karena tubuh membutuhkan energi untuk mengawali hari.

“Sarapan mencukupi kebutuhan energi tubuh setelah tidur semalam,” katanya di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Setelah tidur 6-8 jam, cadangan energi tubuh habis. Efeknya yakni penurunan gula darah yang menyebabkan tubuh lemas dan sulit berkonsentrasi. Inilah alasan sarapan begitu penting.

Dokter yang berpraktik di RSIA Asih Jakarta ini menambahkan, sarapan juga bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal dan pola diet.“Sarapan menurunkan kalap (craving) saat makan siang sehingga asupan kalori tidak berlebih dan tidak dijadikan cadangan lemak dalam tubuh,” katanya lagi.

Namun, sarapan bukan sekadar makan atau konsumsi karbohidrat. Melainkan juga mementingkan kecukupan gizi seimbang. “Idealnya harus seimbang. Ada semua nutrisi makro dan mikro serta air putih untuk bantu metabolisme,” ucapnya.

Nutrisi tersebut diantaranya adalah karbohidrat (nasi, roti, sereal), protein (ayam, ikan, daging), lemak (alpukat), vitamin (sayur-mayur, buah-buahan). Susu, telur dan satu buah (apel) sudah mencukupi kebutuhan gizi sarapan.