‘Setan Jawa’, Film Bisu Besutan Garin [moneter.co.id]

‘Setan Jawa’, Film Bisu Besutan Garin

PinkKorset,com, Jakarta – Garin Nugroho membuat terobosan baru dalam dunia film untuk memperingati 35 tahun berkarya di dunia seni.

Proyek terbaru Garin ini adalah film bisu bergenre horor. Film berjudul Setan Jawa ini, uniknya, akan berkeliling dunia diiringi musik khas tiap negara sebagai backsound.

Nantinya, Garin akan bekerja sama dengan para komposer di masing-masing negara untuk menyesuaikan jenis musik yang cocok untuk filmnya.

“Saya melakukan hal tersebut agar timbul berbagai interpretasi yang berbeda dari tiap negara,” ungkap Garin dalam konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, awal pekan ini.

Di dalam negeri, film yang tayang pada 3 dan 4 September 2016 di Gedung Teater Jakarta ini akan diiringi musik gamelan. Setan Jawa juga akan tampil pada Februari 2017 pada Opening Night of Asia Pacific Triennial of Performing Arts di Melbourne.

Setan Jawa dikisahkan dalam bingkai sejarah periode awal abad ke-20 sebagai konsep waktu yang dianggap menarik oleh Garin untuk dieksplorasi. Film ini menyatukan perspektif kontemporer dengan tari tradisi, musik, hingga fesyen dalam ruang bebas intrepretasi.

Proses syutingnya memakan waktu sepekan yang bertempat di Solo dan Yogyakarta. Setan Jawa diperankan oleh Asmara Abigail, Heru Purwanto dan Luluk Ari serta didukung Bakti Budaya Djarum Foundation.