Siap Menuju Teknologi 5G [globalit]

Siap Menuju Teknologi 5G

PinkKorset.com – Operator ponsel memang belum mulai menerapkan jaringan untuk teknologi 5G. Namun produsen chip Qualcomm sudah menyiapkan piranti kerasnya.

Dalam 4G/5G Summit di Hong Kong, Qualcomm mengumumkan Snapdragon X50. Produk tersebut merupakan modem 5G pertama yang bisa mendukung kecepatan mengunduh (download) hingga 5GB per detik.

Tahun depan, Qualcomm mulai mengirim contoh modem ini ke manufaktur ponsel dan gadget. Mereka berharap, modem ini akan digunakan para pabrikan tersebut pada paruh pertama 2018.

Apa istimewanya? Dalam istilah teknologi, Snapdragon X50 5G mendukung spektrum milimeter wave (mmWave) pada band 28GHz. Benda ini menggunakan antena berteknologi Multiple-Input Multiple-Output (MIMO).

Dengan demikian, komunikasi broadband via mobile akan lebih stabil dan cepat di lingkungan yang tak mendukung atau non-line-of-sight (NLOS). X50 5G support bandwidth 800MHz dan speed unduh puncak diklaim mencapai 5GB per detik.

Tak sabar menunggu? Qualcomm berjanji mulai tahun ini bisa membuat device Anda memiliki speed setidaknya 1GB per detik jika provider yang Anda gunakan bisa mencapai kecepatan itu.

Janji itu diwujudkan melalui modem Snapdragon X16 LTE, device pertama di tangan Anda yang bisa mencapai kecepatan unduh Gigabit Class LTE pada 1GB per detik. Ini terwujud berkat kerjasama mereka dengan Telstra, Ericsson, dan Netgear.