Saingi Apple, Google Bikin Chip Sendiri [st]

Saingi Apple, Google Bikin Chip Sendiri

PinkKorset.com – Persaingan Google dan Apple makin ketat. Raksasa mesin pencari itu kabarnya akan membuat chip sendiri untuk jajaran ponsel Android, demi mengalahkan Apple.

Kompetisi sistem operasi Android besutan Google dan iOS milik Apple bakal makin sengit. Google berniat membuat chip prosesor sendiri, agar memiliki memori yang lebih baik, kamera leboh cepat, dan sensor lebih akurat.

Dilansir The Information, Google yakin perangkat keras (hardware) ponsel mereka saat ini terbatas dan tak sesuai dengan teknologi yang diinginkan pasar. Mereka pun mendambakan chip yang lebih mumpuni dengan desain terkini.

Belum ada pengumuman siapa yang akan memproduksi chip ini. Namun Google sudah bertemu produsen chip seperti Qualcomm, MediaTek, dan Samsung yang saat ini masih pemasok chip terbesar ponsel Android.

Chip untuk ponsel bekerja untuk memori, processing units (CPUs), graphics card, dan kompenen lainnya yang terintegrasi di dalam sistem operasi.

Teknologi ini disebut System on a Chip (SoC) dan sebuah sirkuit yang menjalankan semua komponen primer ini.

Google menginginkan chip terbaru ini disematkan dalam jajaran produk ponsel Android mereka dalam beberapa tahun ke depan. Ketika ditanya mengenai hal ini, Google masih enggan memberikan komentarnya pada media.