Siasat Membuat Kopi Nikmat [google]

Siasat Membuat Kopi Nikmat

PinkKorset.com, Tangerang – Barista Asia pertama dari World Barista Championship, Hidenori Izaki membeberkan rahasia kelezatan dibalik secangkir espresso.

Bagi pecinta kopi, tentu tidak asing dengan espresso. Kopi kental ini dihasilkan dari ekstraksi bubuk kopi (7-9 gram) dengan air 45 ml bersuhu 90 derajat Celcius dan tekanan 9 atmosfer.

Tapi tahukah Anda rahasia kenikmatan espresso?

Barista pertama di Asia yang memenangkan World Barista Champhionship 2014, Hidenori Izaki mengungkap rahasia mendapatkan secangkir espresso.

“Kopi enak dihasilkan dari perpaduan kopi berkualitas, keahlian barista dan mesin kopi,” katanya saat acara Coffee O’Clock di Tangerang, Rabu (20/4/2016).

Ya. Memang mendapatkan secangkir kopi nikmat ini sangat kompleks bila ditelusuri. Kualitas biji kopi sangat ditentukan dari jenis pohon kopi, kondisi tanah, pengeringan hingga teknik menyangrai biji kopi.

Umur kualitas biji kopi yang telah disangrai pun tak lebih dari enam pekan. Bahkan lebih singkat lagi bila biji kopi sangrai telah dihaluskan.

Lebih lanjut laki-laki asal Jepang ini menjelaskan, selain kemampuan barista, coffee machine dan coffee grinder juga menentukan hasil espresso.

“Coffee machine dengan volumetric umumnya membuat bubuk kopi menggumpal. Sedangkan mesin berteknologi gravimetric (berdasarkan gram) justru menghasilkan espresso tanpa gumpal dan konsisten,” katanya lagi.

Adanya gumpal bubuk kopi menandakan ekstraksi kopi tidak sempurna. Padahal seharusnya seluruh partikel kopi terkena uap panas. Tidak kalah penting dari coffee machine, coffee grinder pun menentukan hasil espresso.

Hidenori yang juga brand ambassador coffee machine Victoria Arduino Black Eagle ini menuturkan grinder ini menghasilkan bubuk kopi tanpa gumpal walaupun barista mengabaikan mesin saat beroperasi.

“Kami sebagai barista bisa mengobrol dengan konsumen tanpa harus disibukkan mengamati coffee grinder,” pungkasnya.

Kenikmatan espresso tak hanya dapat dinikmati langsung. Espresso juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar minuman kopi lain, seperti  Cappucino, Caffe Latte, Espresso con Panna, Espresso Macchiato dan Americano.