19 Ribu Lowongan CPNS Dibuka [tribun]

19 Ribu Lowongan CPNS Dibuka

PinkKorset.com, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Lowongan sebanyak 19.210 orang dibuka untuk dua instansi, yakni Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Lulusan cum laude mendapat kuota 468 orang, sedangkan putra-putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang.

Dari dua instansi tersebut, Mahkamah Agung (MA) membutuhkan 1.684 orang calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Sedangkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) membutuhkan 17.962 orang untuk 21 jabatan, mulai dari Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) hingga analis Keimigrasian. Sebanyak 14.000 untuk jabatan penjaga lapas atau sipir dan 2.278 analis keimigrasian.

Penjaga lapas membutuhkan PNS dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer. Untuk analis keimigrasian, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Pendaftaran melalui jalur online sscn.bkn.go.id dilakukan pada 1 – 31 Agustus 2017.

Seperti halnya tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai rekrutmen CPNS ini dapat melihat di sejumlah situs resmi milik pemerintah.

Adapun situs resminya antara lain:
a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, https://badilum.mahkamahagung.go.id, https://badilag.mahkamahagung.go.id, https://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/
d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: https://cpns.kemenkumham2017.go.id