Mengapa Sering Berkemih Malam Hari? [wzzm]

Mengapa Sering Berkemih Malam Hari?

PinkKorset.com – Ada banyak alasan dibalik kebiasaan Anda berkemih saat malam hari. Kondisi ini menyiratkan adanya masalah kesehatan serius.

Bila Anda sering berkemih saat malam hari bisa terjadi karena faktor umur. Umumnya hormon diuretik menyusut seiring bertambahnya umur. Hormon ini membantu ginjal mengendalikan kadar cairan. Masalah ini mulai muncul pada umur 40 tahun keatas.

Penuaan juga memengaruhi otot, ligamen dan jaringan ikan pembentuk panggul perempuan yang menyebabkan saluran kandung kemih tertekan. Sehingga Anda tidak tuntas berkemih dan memancing buang air kecil lebih sering. Kondisi ini dapat memicu infeksi saluran kemih yang disertai dengan nyeri saat buang air kecil.

Uterus dan ovarium yang membesar akibat polip, kista ovarium, kanker rahim dan ovarium dapat menekan kandung kemih. Kondisi ini membuat Anda sering berkemih.

Sementara kondisi serupa terjadi pada laki-laki ketika prostat membengkak dan menekan saluran kemih. Sehingga mereka tidak sering buang air kecil karena tidak tuntas setiap berkemih.

Tak hanya itu, penyakit kelamin menular seperti kencing nanah (gonorrhoeae) dan chlamydia menyebabkan Anda sering buang air kecil.

Selain masalah kelamin, kandung kemih dan saluran kemih, sering buang air kecil pada malam hari mengindikasikan Anda memasuki fase pre-diabetes maupun diabetes. Kondisi ini memaksa ginjal bekerja keras mengeluarkan kelebihan gula dalam darah.

Namun, masalah ini tidak selalu menandakan penyakit serius. Bisa saja akibat kebiasaan Anda sebelum tidur. Kondisi muncul ketika Anda banyak minum air putih. Selain itu, minum alkohol dan asupan kafein sebelum tidur memicu pengeluaran urin lebih sering.