Cara Mudah Usir Stres [europa]

Cara Mudah Usir Stres

PinkKorset – Melepas diri dari stres tidak selalu rumit atau mahal. Anda bisa dapat melakukannya dengan hal-hal sederhana.

Stres dapat dialami siapapun dan seringkali menyebabkan berbagai masalah fisik dan psikologis. Anda perlu mengurangi stres dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan maupun menenangkan. Tentu saja dengan cara yang sederhana.

Berlatih pernapasan

Ada beberapa teknik pernapasan yang melegakan, misalkan menarik napas dan menahan empat detik sambil merasakan segala kecemasan dan stres. Kemudian melepas napas selama 6 detik dan fokus pada perasaan lega. latihan ini dilakukan sebanyak 3 set dengan masing-masing lima kali pernapasan. Selama latihan ini Anda dapat mengingat dua kenangan indah dalam hidup.

Memijat tangan

Sebuah penelitian yang dipublikasi di Journal of Alternative and Complementary Medicine (2008) menyebutkan, lima menit memijat tangan menurunkan tingkat stres secara signifikan.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik favorit tidak hanya membuat tubuh tenang tetapi juga menurunkan stres. Musik memiliki kekuatan mengubah struktur kimia pada sel-sel tubuh sehingga lebih santai.

Menatap warna-warna cerah

Tidak hanya telinga, mata juga perlu dimanjakan dengan warna. Seperti musik, warna-warna cerah juga memengaruhi struktur kimia pada sel-sel tubuh. Anda pun terasa lebih tenang.

Berjalan-jalan

Tidak perlu melakukan perjalanan jauh. Anda dapat bersantai di taman, menghirup udara bebas atau berjalan dengan hewan kesayangan.

Luangkan waktu bersama hewan peliharaan

Anda dapat meluangkan waktu sejenak bermain dengan hewan peliharaan Anda. Cara ini dapat melepas hormon oxytocin yang membuat Anda bahagia.

Minum teh herbal

Teh herbal seperti catnip, lemon balm, passionflower, hops, chamomile, skullcap atau valerian termasuk teh yang menenangkan. Anda juga bisa menggantinya dengan teh hijau.

Memeluk seseorang

Berpelukan selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah sehingga tubuh lebih nyaman dan menurunkan tingkat stres Anda.

Duduk di kursi goyang

Sesekali Anda perlu merasakan santai di kursi goyang. Aktivitas ini melepas hormon endhorpine yang meningkatkan mood dan mengurangi nyeri.

Meregangkan tubuh

Mengatur posisi tubuh Anda dengan meregangkan tubuh seperti pilates selama beberapa menit dapat melegakan tubuh dan meningkatkan suasana hati.