Puluhan Kepribadian dalam Satu Raga [Split]

Puluhan Kepribadian dalam Satu Raga

PinkKorset.com, Jakarta –  Sebuah kekacauan seorang laki-laki yang  terperangkap dalam tubuh dengan 23 kepribadian.

Awalnya kehidupan Kevin Wendell Crumb (James McAvoy) tampak seperti normal saja. Ia sehari-hari bekerja tanpa ada masalah walaupun memiliki 23 kepribadian. Psikolog Dr. Karen Fletcher (Betty Buckley) selalu merawat dan mengawasi kesehatan psikisnya dengan penuh kasih sayang.

Kevin didominasi karakter laki-laki perancang busana, Barry. Sejauh ini semua tingkah laku dirinya terkendali. Namun, kepribadian Dennis dengan karakter laki-laki kuat, disiplin dan cinta kebersihan kerap menguasai tubuh Kevin.

Dennis bersama dua kepribadian lain, perempuan misterius, Patricia dan bocah berumur 9 tahun, Hedwig bersekutu merencanakan sesuatu. Sebanyak 23 kepribadian saling bertikai menguasai raga pemuda ini.

Sementara itu, ia menyekap tiga gadis, Claire (Haley Lu Richardson), Marcia (Jessica Sula) dan Casey (Anya Taylor-Joy) di sebuah tempat.

Film Split ini menyuguhkan horor sekaligus psychological thriller. Produser merangkap sutradara dan penulis cerita, M. Night Shyamalan cukup apik menjelaskan alur cerita cukup rumit. Plot cerita maju-mundur beberapa kisah dijabarkan saling terkait.

Shyamalan menggambarkan kemunculan satu kepribadian dengan deretan 23 kursi yang diduduki masing-masing karakter sambil menunggu giliran cahaya sebagai tanda untuk memunculkan diri (kepribadian).

Anda semakin larut dalam ketegangan dan suasana mencekam ketika menyaksikan ruang sempit dan permainan cahaya. Kendati tanpa disuguhi musik latar (scoring), film ini sanggup memacu emosi Anda larut dalam cerita.

Terlebih akting yang dilakukan aktor asal Skotlandia pemeran Professor X di film X-Men: Days of Future Past (2014), James McAvoy mampu membawakan beberapa karakter berbeda dalam satu adegan dengan meyakinkan. Misalkan ketika ia berhadapan dengan psikolog sambil memerankan dua karakter sekaligus, Dennis dan Barry.

Kepala dengan rambut tipis James juga memberikan kesan misterius dan menguatkan raut ekspresi wajah ketika melakoni macam-macam karakter.

Film dengan unsur cerita supernatural kontemporer memang selalu melekat pada Shyamalan, misalnya saja The Sixth Sense (1999), Unbreakable (2000), Signs (2002), The Visit (2015).

Bahkan gaya khas dirinya membuat film dengan akhir cerita twist tersaji pada Split. Tanpa diduga bagian penghujung film ini menampilkan keterkaitan dengan film Unbreakable.

Anda pecinta kisah psychological thriller perlu menonton film ini. Saksikan Split di Bioskop kesayangan Anda mulai 15 Februari 2017.

Split

Sutradara: M. Night Shyamalan

Produser: M. Night Shyamalan, Jason Blum, Marc Bienstock

Skenario: M. Night Shyamalan

Pemain: James McAvoy, Anya Taylor-Joy, Betty Buckley

Produksi: Blinding Edge Pictures, Blumhouse Productions

Distribusi: Universal Pictures